Kilang Pertamina Cilacap Borong 4 Penghargaan Kinerja HSSE 2020

Cilacap – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali meraih penghargaan dari PT Pertamina (Persero). Kali ini 4 penghargaan sekaligus di aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) diraih oleh RU IV Cilacap yang secara simbolis diterima dalam penutupan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2021 HSSE PT Pertamina (Persero) secara virtual, Senin (15/2/2021).

Keempat penghargaan itu masing-masing HSSE Aspek Lingkungan Proper Emas, The Best Achievement Supreme, Patra Adikriya Bhumi Utama, dan HSSE Demo Room kategori visualisasi terlengkap.

Area Manager Communication, Relations & CSR RU Cilacap, Hatim Ilwan menerangkan penghargaan HSSE Aspek Lingkungan Proper Emas menjadi penyemangat dan pemicu Pertamina untuk terus menyebarluaskan energi ke seluruh negeri. “Semangat kami Energizing You, sebanyak-banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di samping menunaikan tugas utama sebagai penyedia kebutuhan energi dalam negeri,” ujarnya.

Adapun Patra Adikriya Bhumi merupakan penghargaan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, peran aktif dan memotivasi seluruh unit operasi dan anak perusahaan dalam implementasi instruksi, komitmen dan target perusahaan guna terwujudnya HSSE Excellence. “Penghargaan ini menjadi bukti operasional kilang yang aman dan tidak ada fatality, tidak ada kebakaran berskala besar, tidak ada pencemaran minyak lebih dari 15 barrel, dan nilai proper minimal hijau,” jelas Hatim.

Selanjutnya, The Best Achievement Supreme (Sustainability Pertamina Expectations for HSSE Management Excellence) menjadi pencapaian terbaik RU IV dalam sistem manajemen yang mengintegrasikan praktek HSSE terbaik berkelas dunia secara terstruktur dan sistematis. “Supreme adalah manajemen sistem HSSE Pertamina berbasis manajemen risiko HSSE yang menjadi dasar standarisasi proses bisnis serta program dan administrasi HSSE,” kata Hatim.

Sedangkan HSSE Demo Room kategori visualisasi terlengkap, masih kata Hatim merupakan bukti nyata perusahaan dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai HSSE sebagai budaya kerja. “Atas pencapaian-pencapaian itulah kemudian GM RU IV Cilacap, Bapak Joko Pranoto secara personal juga meraih penghargaan,” imbuh Hatim.

Dalam kesempatan tersebut, GM Pertamina RU IV Cilacap, Joko Pranoto secara khusus menerima penghargaan personal. “Penghargaan yang dicapai di aspek HSSE ini tentu tidak lepas dari kepemimpinan bapak Joko Pranoto sebagai GM RU IV. Maka penghargaan ini tentu sangat bernilai, baik untuk GM RU IV secara personal, maupun perusahaan,” ucap Hatim.

Ditambahkan Hatim, secara khusus pada peringatan bulan K3 2021 di RU IV Cilacap mencanangkan Zero Medical Treatment Case (MTC) pada 2021. “Sebagaimana amanat GM RU IV, Zero MTC artinya jangan sampai ada pekerja yang terpaksa mendapatkan perawatan medis meski itu kecil. Bahkan diharapkan, kotak P3K di setiap titik tetap terkunci karena tidak terpakai. Maka setiap pekerja harus berpedoman pada budaya HSSE,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *