Dinkes Cilacap : Klaster Kapal Hilma Bulker Kembali Bertambah Satu Orang

CILACAP – Klaster Kapal Hilma Bulker pengangkut Gula Rafinasi asal India ke Cilacap, masih terus berlanjut. Setelah sebelumnya ada sebanyak 13 Anak Buah Kapal atau ABK asal Filipina yang dinyatakan positif Covid -19, kini jumlahnya bertambah satu orang. Sehingga sampai dengan Senin 10 Mei 2021, total jumlah positif dari klaster ABK Kapal Hilma Bulker ada sebanyak 14 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap – dr Pramesti Griana Dewi mengungkapkan, bahwa penambahan satu WNA dinyatakan positif Covid-19 ini berdasarkan hasil dari sejumlah pemeriksaan tes swab PCR.

Ditegaskan bahwa seluruh ABK Kapal Hilma Bulker yang positif sudah tertangani dan dirawat secara intensif serta pengawasan ketat, di RSUD Cilacap. Sementara terkait sisanya, yakni ada sebanyak 6 orang yang masih dikarantinakan di kapal Hilma Bulker.

“Jadi pagi hari ini saya baru mendapatkan info bahwa memang ada penambahan satu ABK yang positif, dan siang ini sudah dirujuk ke RSUD Cilacap,” ungkap dr Pramesti.

Dia mengatakan, guna penanganan lebih lanjut Dinas Kesehatan Cilacap terus melakukan monitoring terhadap seluruh pasien maupun mereka yang dikarantina.

Disinggung soal kondisi terkini satu ABK yang sempat mengalami kondisi menurun lantaran terpapar Covid-19, Pramesti mengatakan, sejauh ini penanganan kesehatan secara khusus telah dilakukan oleh tim dari RSUD Cilacap. Namun demikian kondisinya masih belum stabil.

“Kami juga mohon doanya agar kondisinya dapat segera pulih dan lebih baik, mampu melewati masa kritisnya dalam menjalani perawatan di ruang ICU RSUD Cilacap,” kata dr Pramesti.

Pramesti berharap, adanya penanganan yang cukup baik sejauh ini, nantinya dapat menjadikan grafik kesembuhan dari para pasien Covid-19 dapat meningkat.

“Intinya semua pihak harus tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *