Kompleksitas Parkir, Jalan Nasional dan Provinsi Masih Dimanfaatkan

Petugas parkir liar banyak dijumpai beroperasi diwilayah Cilacap. Keberadaan mereka menimbulkan persoalan karena selain beroperasi pada tempat yang bukan peruntukannya, mereka sering menarik tarif parkir diluar ketentuan. Praktek parkir ilegal antara lain dijumpai pada jalur jalan berstatus nasional maupun provinsi seperti Jalan MT.Haryono. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 menyebut, jalan nasional maupun provinsi diharuskan terbebas dari pungutan retribusi parkir.

Kabid Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Cilacap – Deddy Sudiro Salyan menilai, penanganan dan penertiban praktek juru parkir liar dan ilegal dinilai menjadi persoalan kompleks. Sebab berdasarkan ketentuannya, hal ini sudah menjadi tanggung jawab dari pihak pemenang lelang atas pengelolaan parkir di Kabupaten Cilacap salah satunya yakni CV Haris Putra.

Dijelaskan, dalam perjanjian awal pada tahun ini hingga 2021, pengelolaan parkir dipihak ketigakan kepada CV Haris Putra dengan target pendapatan retribusi sebesar 10 milyar. Sedangkan dalam praktiknya pihak ketiga dituntut dapat melakukan monitoring dan penindakan kepada para juru parkir nakal yang dikelolanya.

Sementara dinas terkait sampai saat ini hanya mampu memberikan surat teguran kepada pihak pengelola dan sebatas mensosialisasikan aturan yang berlaku kepada pelanggar. Sebab katanya Dishub masih belum memiliki payung hukum yang kuat untuk melakukan penindakan secara tegas terhadap oknum juru parkir liar. Oleh karena itu pihaknya telah berkordinasi dan mendorong DPRD Cilacap untuk dapat menelurkan payung hukum agar menuntaskan persoalan tersebut.

“Jelas didalam perjanjiannya itu bukan kewenangan kami, terkait dilapangan itulah yang menjadi beban kami sebagai pemerintah daerah. Kita harapkan dari DPRD ada komunikasi dengan pusat untuk membentuk sebuah regulasi yang jelas. Karena dari pusat maupun provinsi menyatakan tidak diperbolehkan ada pungutan parkir di jalan nasional maupun provinsi,” ungkapnya.

Dedy menambahkan, pengelolaan dan penindakan parkir liar di Cilacap diharapkan dapat menjadi perhatian oleh seluruh pihak. Baik instansi vertikal, pihak ketiga maupun masyarakat yang merasa dirugikan dengan  memberikan informasi kepada Dinas Perhubungan Cilacap. (Guruh)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *