Lagi, Deyon Suparyono Jawara Panginyongan

Diantara rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan ke 73 tingkat Kabupaten Cilacap adalah Lomba Pidato Panginyongan. Acara diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap dan berlangsung pada Selasa kemarin di aula kantor penyelenggara.

Dalam lomba ini, Deyon Suparyono kembali menjadi juara pertama seperti tahun 2017 saat ia masih bergabung di Radio Bercahaya FM. Deyon yang sekarang menjadi pegawai di Diskominfo berhasil menyisihkan 40 peserta lainnya. Sedangkan posisi kedua dan ke tiga diraih oleh Jawahir dari RSI Fatimah, serta Siti Nur Faizah perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Cilacap.

Kepala Dinas P dan K Cilacap – Warsono mengatakan, Lomba Pidato Panginyongan tersebut dinilai mampu menjadi sarana untuk membentuk karakter asli masyarakat Cilacap. Sebab bahasa merupakan bagian dari budaya, dan keduanya merupakan bagian dari jatidiri setiap individu.

“Diperlukan kecintaan terhadap budaya maupun bahasa lokal. Bahkan menurutnya bahasa Panginyongan kedepanya bisa masuk dalam kurikulum pendidikan di Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.

150818 – Insert Kadin PdanK Warsono

Dalam Lomba Pidato Panginyongan tersebut, diikuti oleh berbagai kalangan, baik pegawai negeri, swasta maupun elemen lainnya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *