Lagi, Imigrasi Cilacap Deportasi WNA EKS WBP LP Kelas IIA Kembangkuning

CILACAP – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap kembali memberikan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi kepada eks warga binaan pemasyarakatan atau WBP pada Sabtu sore (11/09/21).

Yakni kepada warga negara asing asal Nigeria bernama David Ikechukwu Obika  yang diketahui merupakan eks WBP LP kelas II A Kembang Kuning.

Kakanim Kelas II Cilacap melalui Kabag Humas – Yan Edo membenarkan deportasi WN Nigeria tersebut. Pihaknya menjelaskan, deportasi dilakukan setelah yang bersangkutan mendapatkan Travel Dokumen dari Kedutaan Nigeria di Jakarta.

Lebih lanjut, terkait deportasi WNA dikatakan bahwa sebelumnya juga dilakukan terhadap 10 orang lainnya. Sementara untuk proses deportasi tersebut, Yan Edo menjelaskan jika pihak Keimigrasian sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Kedubes negara yang bersangkutan.

 Selain itu secara keseluruhan, pemulangan WN Nigeria maupun negara lainya turut mendapatkan pengawalan dari petugas. Khususnya seksi Inteldakim Kanim Cilacap yang  mengawal sampai dengan keberangkatan ke negara muasal melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta – Jakarta.

“Biaya pemulangan atau deportasi tidak ditanggung oleh Pemerintah Republik Indonesia, melainkan dibebankan pada pemerintah negara asal WNA,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *