Lampaui Kawah Candradimuka, Puluhan Pelajar SMP PIUS Cilacap Sujud Syukur

Pengumuman hasil UNBK pada hari ini adalah sebuah hasil dari perjuangan yang diibaratkan layaknya melampaui kawah Candradimuka. Melalui proses panjang, perjuangan keras para siswa dan guru dapat melaluinya dengan baik. Namun yang terpenting adalah bersyukur kepada Tuhan yang memberikan karunia terbaiknya. Demikian disampaikan Kepala SMP Pius Cilacap, C.Budi Setyawan dalam sambutanya pada acara penyerahan pengumuman nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Jumat 25 Mei 2018.

Kawah Candradimuka yang dimaksud adalah proses pembelajaran para siswa, yaitu selama 3 tahun menempuh pendidikan baik karakter maupun akademis untuk kemudian dihadapkan pada Ujian Nasional pada tahun 2018 ini.

Pada Jumat sore kemarin sebanyak 97 siswa-siswi bersama para guru berkumpul dalam serangkaian acara penerimaan hasil nilai Ujian Nasional. Mereka mengawalinya dengan menyanyikan lagu mars Sekolah serta lagu Nasionalisme di lapangan Upacara.

Dipimpin oleh salah seorang guru, mereka luruh dalam doa-doa yang dipanjatkan sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan terkait selesainya UNBK 2018.

Di sela doa bersama itu ada hal unik terjadi, yaitu para siswa bersama seluruh guru bahkan kepala sekolah melakukan sujud syukur selama beberapa detik untuk selanjutnya duduk dengan hidmat bersimpuh dalam doa.

Setelahnya para guru satu persatu bergantian menghampiri seluruh anak didiknya untuk menyerahkan amplop hasil pengumuman nilai UNBK 2018.

Kepada wartawan, Kepala SMP PIUS Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, pemberian hasil pengumuman dengan menghampiri siswa-siswi secara langsung merupakn wujud kasih sayang para guru dalam melayani para siswa.

Suasana seketika berubah riuh saat seluruh siswa membuka hasil yang mereka peroleh. Teriakan rasa syukur berulangkali terdengar dan senyum bahagia tersimpul dalam wajah beberpa siswa. Bahkan ada juga yang menangis haru larut dalam suasana bahagia.

Budi Setyawan mengungkapkan, prosesi penyerahan hasil UN tahun ini merupakan hal baru. Hal tersebut dikarenakan nilai UNBK diumumkan terlebih dahulu. Sedangkan kelulusan diumumkan hari Senin depan. Sebelumnya melalui surat edaran Pemerintah membolehkan hasil UN diumumkan sebelum keulusan, oleh sebab itu menurutnya kegiatan di SMP PIUS Cilacap dikemas secara berbeda agar berkesan bagi para siswa-siswinya.

Dari puluhan anak didik siswa-siswi peserta UNBK, nilai tertinggi diraih Aurelya Blanka Ngantung yaitu mencapai 383 dengan rata-rata 95,8. Bahkan Nilai mata pelajaran Matematika yang diperoleh tercatat sempurna, dengan nilai 100.

Kepada wartawan, Aurel siswi berkacamata ini mengaku senang atas hasil yang dicapai. Dirinya bahkan mengaku tidak menyangka mendapatkan hasil sempurna, pasalnya dirinya sebelumnya tidak melakukan persiapan dan trik khusus sebelum UN.

Sementara selain Aurelya, empat siswa lain juga mendapatkan nilai 100 untuk Matematika, masing-masing Chrystania Stevie Angelica, Lidya Stephanie Lumban Tobing, Amelia, dan Mervin Yuan Arkarna.

(Guruh Yuda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *