Lanal Bersama Pemkab Cilacap Gelar Kejuaraan Dayung Dulongmas 2021

CILACAP – Pangkalan TNI AL (Lanal) bersama Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Kejuaraan Dayung Dulongmas Championship 2021 dan Festival Dragon Boat dalam rangka memperingati Hari Armada Angkatan Laut 2021.

Kegiatan lomba dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jum’at – Minggu (10-12/12/21) di Sungai Tipar Desa Karangbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Kejuaraan Dayung Dulongmas Championship 2021 diikuti oleh sekitar 400 peserta dari 10 Kabupaten/Kota Se Eks – Karesidenan Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Dulongmas).

Dulongmas adalah event tahunan olahraga yang mempertemukan para atlet dari tiga wilayah atau karesidenan di Jawa Tengah. Ke 10 Kabupaten tersebut meliputi Cilacap, Pemalang, Pekalongan, Batang, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, Purworejo, Wonosobo, dan Tegal.

Saat membuka kegiatan, Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo menyampaikan bahwa event ini merupakan kerjasama antara KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Cilacap, PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Kabupaten Cilacap, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap serta Lanal Cilacap yang di rangkai dengan HUT Armada RI.

“Kegiatan lomba dayung tahun ini merupakan kelanjutan dari lomba – lomba dari tahun lalu untuk melestarikan tradisi budaya daerah dan sekaligus sebagai destinasi wisata daerah. Saya berharap penyelenggara lomba tahun ini berjalan lebih baik lagi,” kata Danlanal.

Danlanal juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu kesuksesan kejuaraan dayung dulongmas.

“Ucapan yang sama saya sampaikan kepada para peserta lomba atas partisipasinya dalam memeriahkan lomba ini. Tapi ingat, bukan kemenangan atau hadiah semata yang kita kejar, tetapi rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan, utamakan keselamatan dan junjung tinggi sportifitas,” Ucap Danlanal.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang pencarian bibit atlet dayung yang nantinya bisa untuk mengikuti kejuaraan dayung tingkat nasional.

“Karena peserta lomba duyung ini banyak yang masih pelajar SMP, SMA/SMK yang nantinya atlet ini bisa kita kirim ke tingkat nasional,” kata Tri Komara.

Tri Komara menambahkan, bahwa kejuaraan perahu dayung baru pertama kali di dilaksanakan di Sungai Tipar Desa karangbenda Adipala, karena sebelumnya kegiatantersebut selalu di adakan di pantai teluk penyu Cilacap.

“Animo masyarakat luar biasa, dan Forkopimcam Adipala sangat mendukung, lokasinya juga strategis, kalau di pantai kan panas lha ini banyak nonton tapi dibawah pohon jadi sangat santai lah mendukung, warga masyarakat kan banyak yang akhirnya memanfaatkan untuk berjualan, rumahnya juga dianfaatkan untuk home stay,” Jelasnya.

Dalam kejuaran dayung Dulongmas, peserta harus menyelesaikan lintasan sepanjang 1.000 m, 500 m dan 200 m. Sedangkan untuk festival Dragon Boat, peserta harus menyelesaikan lintasan sepanjang 500 m dan 200 m. Sementara, kabupaten/kota yang menjadi juara umum akan mendapatkan Tropy tetap.

Penentuan juara umum dihitung dari pengumpulan point terbanyak dengan sistem point yaitu,1 medali emas dengan 5 point, 1 medali perak 3 point, serta 1 medali perunggu 1 point.

Selain kejuaraan dayung Dulongmas, di tempat yang sama Lanal Cilacap juga menggelar serbuan vaksinasi untuk masyarakat di wilayah Desa karang benda Kecamatan Adipala. Vaksinasi tersebut menyasar sekitar 500 dosis dengan jenis vaksin PFizer. (tan/bercahayafm)