Lima Sindikat Pencuri Spesialis Traktor Diringkus Polisi

CILACAP – Sebanyak Lima orang sindikat pencuri spesialis alat traktor pertanian, berhasil diringkus oleh Satreskrim Polres Cilacap. Diketahui empat diantaranya merupakan warga asal Cianjur Jawa Barat. Yakni MU lelaki berusia (37) sebagai otak dari aksi pencurian tersebut, kemudian AH (24), RA (22), dan ARK (31). Sementara untuk sisanya adalah WP laki – laki berusia 42 tahun asal Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Dalam pers rilis yang digelar di Mapolres Cilacap, Jumat (07/05/21), Kapolres Cilacap – AKBP Leganek Mawardi mengungkapkan, bahwa penangkapan ke Lima tersangka ini, berawal dari adanya laporan dari SY salah satu warga Dusun Winong Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, yang kehilangan alat traktor pertanian kepada pihak kepolisian.

Menindaklanjuti laporan tesebut, Polres Cilacap melakukan sejumlah penelusuran dan berhasil mengantongi identitas salah satu tersangka. Sehingga tak butuh waktu lama, polisi kemudian melakukan penggrebekan dirumah pelaku, yakni di Kesugihan Cilacap.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari aksi kejahatan para sindikat pencurian tersebut. Diantaranya satu unit meisn traktor merk KUBOTA berwarna orange, 3 buah kunci pas, satu buah tang, 2 dua buah gergaji besi. Selanjutnya satu buah senter kepala, satu buah tali valbelt, dan satu unit Kbm Toyota Calya berwarna Orange dengan Nomor polisi F 1082 YM.

Sementara itu terkait modus pencurian, Kapolres Cilacap mengungkapkan, mereka melancarkan aksi pencurian pada malam hari dengan berpura – pura mencari belut atau hewan sawah lainya. Tak main – main sejauh ini dikatakan mereka telah melancarkan aksinya di 6 lokasi yang berbeda. Namun nahas pasca tertangkap, kini dipastikan mereka yang ternyata juga berstatus residivis harus kembali berurusan dengan pihak kepolisian khususnya Polres Cilacap.

“Modusnya pura – pura mencari belut atau binatang di sawah kemudian mereka mengambil mesin traktor itu tadi. Kami juga telah mendapatkan informasi bahwa mereka biasa menjual di daerah Jawa Barat seperti Karawang, Cianjur keatas dan mereka membawanya menggunakan mobil rental,” ungkap Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, Lima pelaku tersebut dijerat dengan pasal Pasal 363 KUHP. Yakni dengan pidana penjara paling lama 7 Tahun.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *