Masih Ada Ratusan Ribu RTLH di Cilacap

BERCAHAYA FM. Hingga menjelang akhir 208 ini, di Kabupaten Cilacap masih ada sekitar 133 ribu rumah tak layak huni dengan sebaran diseluruh wilayah kecamatan. Sebenarnya pemerintah hampir setiap tahun mengucurkan alokasi anggaran untuk menguranginya, hanya saja sampai kini belum mampu mengakomodir semua rumah tak layak tersebut.

Wabup Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyampaikan, beberapa waktu lalu sudah ada perbaikan yang menyentuh sekitar 22. 600 unit RTLH. Pemkab Cilacap sendiri menggunakan berbagai anggaran untuk menguranginya. Seperti APBD Cilacap, APBD Provinsi maupun meminta anggaran dari pemerintah pusat. Disamping banyak pihak diluar pemerintahan yang menyalurkan bantuan untuk rehab rumah tak layak huni.

“Kami meminta agar kalangan swasta lebih peduli dengan kondisi ini. Program perbaikan rumah tidak layak huni ini bisa menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan atau CSR, seperti Pertamina, Pelabuhan, PLTU atau perusahaan lainnya” tutur dia.

Kendati tidak signifikan, namun jumlah RTLH yang ada pada Jum’at (23/11) kemarin sedikit berkurang setelah Korpri dan kalangan lain menyalurkan bantuan rehab untuk 10 unit RTLH. Bantuan ini mewarnai peringatan 47 tahun Korpri yang dirangkai dengan Hari Guru dan Hari Kesehatan Nasional serta bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional Cilacap.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh ketua Dewan Pengurus Korpri Farid Maruf kepada karyawan honorer Dinas Perhubungan. “ Bantuan rehab itu masing-masing senilai Rp 10 juta. Ini kerjasama dengan Baznas Kabupaten Cilacap, karena tahun ini iuran zakat, infak dan sodakoh dari Korpri cukup besar.Bahkan bila ditambah dengan BUMN dan BUMD mencapai Rp 2 miliar” tutur Farid. AD

Caption: Bantuan RTLH – Ketua Dewan Pengurus Korpri Cilacap, Farid Ma’ruf menyerahkan bantuan untuk RTLH (rumah tak layak huni). Foto: dok.kominfo clp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *