Masih Pandemi, Kilang Pertamina Cilacap Terima Kunjungan Siswa SD secara Virtual

Cilacap – Masa pandemi Covid 19 saat ini di sisi lain memunculkan ide dan kreatifitas baru, termasuk di lingkungan Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Jika biasanya kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia ini menerima kunjungan lapangan langsung secara rutin, kini hal tersebut mampu disiasati secara virtual. Seperti yang dilakukan pada Kamis (25/2/2021), Pertamina RU IV Cilacap menerima kunjungan bertajuk ‘Virtual Field Trip Pertamina’ diikuti siswa-siswi kelas 4 SD Islam Al Alzhar 16 Cilacap.

Kegiatan dibuka mulai pukul 08.00 WIB, ketika 60 siswa-siswi kelas 4 sudah berada di depan layar aplikasi Zoom demi mengikuti virtual trip ini. Diawali ikrar dan doa pembuka oleh para siswa, dilanjutkan pemaparan video pengenalan wilayah kerja Pertamina RU IV oleh Ferdy Saputra, selaku Communication & Relations Officer Pertamina RU IV Cilacap.

Ferdy mengajak para siswa berkeliling wilayah kerja Pertamina RU IV, meliputi komplek perkantoran (Head Office), dan area kilang yang mencakup pengenalan unit-unit tangki, alur kedatangan minyak mentah, pemaparan proses produksi, produk BBM yang dihasilkan RU IV, hingga distribusi produk BBM ke konsumen melalui SPBU.

Dalam kesempatan itu, Ferdy juga menyampaikan bukti kehadiran Pertamina RU IV Cilacap bagi permasalahan sosial melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Diantaranya pemberdayaan kaum perempuan dalam program Kampung Kemiren Asri Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, serta program listrik bertenaga surya dan kincir di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut.

Dikatakan Ferdy, CSR merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan Pertamina dalam memberdayakan masyarakat sekitar, selain tugas utama sebagai perusahaan penyedia energi Nasional. “Program Kampung Kemiren serta penyediaan listrik tenaga surya dan kincir hanyalah dua contoh dari sekian banyak program yang sudah dilakukan, sejak Pertamina hadir di Cilacap,” imbuhnya.

Walikelas 4 SD Islam Alazhar Cilacap, Karsino menyampaikan apresiasi atas kegiatan virtual ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina RU IV yang sudah berkenan mengajak para siswa jalan-jalan virtual ke Pertamina. Semoga ilmu yang disampaikan kepada anak-anak menjadi ilmu yang bermanfaat, dan terus mengalirkan pahala,” katanya.

Meski berlangsung secara virtual, para peserta sangat antusias mengikutinya. Terbukti saat sesi tanya jawab, sebagian besar siswa menekan fitur ‘raise hand’ tanda mengangkat tangan untuk menyampaikan pertanyaan. “Alhamdulillah, melalui kegiatan virtual field trip ini, saya jadi semakin bertambah ilmu dan pengetahuan tentang cara kerja di Pertamina,” kata Silmi Ilman Hatim, salah seorang siswi peserta Virtual Field Trip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *