Masih Surplus Daya, PLN : Kami Siap Mendukung Program Pembangunan Kabupaten Cilacap

CILACAP – Kecukupan daya di PT PLN Persero utamanya di wilayah Jawa Tengah, DIY dan di Cilacap diklaim masih sangat cukup. Bahkan tidak hanya mencukupi pelanggan masyarakat umum, namun juga mampu mendukung keperluan sektor industri berskala besar di Cilacap.

Hal tersebut disampaikan Manager PT PLN  UP3 Cilacap – Bramantyo Anggun Pambudi dalam kegiatan Multi Stakeholder Forum 2021, di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Rabu 8 Desember 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Cilacap – Syamsul Aulia Rahman, Ketua DPRD Cilacap – Taufik Nurhidayat, Wakil Ketua DPRD Cilacap – Purwati, Forkompinda, serta tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut Bramantyo mengungkapkan, dari 7000 Mega Watt yang tersedia, PLN  masih memiliki cadangan 2300 Mega Watt.

Sementara untuk skup Kabupaten Cilacap dikatakan jika PLN melalui subsistem Kesugihan memiliki cadangan 224 Mega Watt di siang hari, 171 Mega Watt di malam hari ini.

Terkait keandalan PT PLN UP 3 Cilacap guna memenuhi kebutuhan industri, Bramantyo mengatakan, bahwa sekarang industri yang cukup besar seperti Pertamina memakai sekitar 60 sampai dengan 100 Mega Watt, bahkan masih bisa membuat dua hingga tiga kilang lagi di Cilacap.

Kalaupun kondisi ini digantikan dengan perusahaan industri berskala menengah ataupun besar, maka dikatakan dapat digunakan untuk memenuhi 200 perusahaan baru di Cilacap.

Oleh karenanya pihaknya dapat memastikan kesiapan serta keandalan dari PT PLN UP 3 Cilacap untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Kabupaten Cilacap.

Bramantyo turut membeberkan, dalam hal ini PLN juga dalam progres pencapaiannya meningkat signifikan. Tercatat di PT PLN UP 3 Cilacap sendiri sejauh ini sudah melayani 1.041.000 pelanggan, dengan 600 ribu diantaranya merupakan pelanggan diwilayah Cilacap.

Dalam kesempatan itu pihaknya turut  menyampaikan PT PLN UP 3 Cilacap ikut serta dalam mendorong suksesnya program pembangunan di Cilacap. Yakni melalui berbagai program yang mampu bersinergi dengan program dari Pemkab Cilacap.

“Sesuai dengan visi kami, tumbuh dan menumbuhkan Indonesia. Diantaranya melalui elektirikfikasi lifestyle, agriculture, PLN Mobile, dan mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan serta hemat energi berupa mobil listrik,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman dalam kegiatan yang sama turut mengapresiasi langkah  PLN, khususnya dalam menjaga keandalan serta pelayanan terbaiknya untuk Cilacap.

Kendati demikian Wabup berpesan jika semua torehan apik itu dapat terus dioptimalkan. Diantaranya melalui sinergitas bersama Forkopimda, akademisi, maupun awak media.

Pasalnya beberapa aspek tersebut menurut Syamsul sangatlah penting. Terlebih diera revolusi industri 4.0 saat ini, semua sektor pelayanan  baik kepada masyarakat maupun lainnya kini mau tidak mau dituntut harus mampu mengikuti perkembangan teknologi maupun digitalisasi.

“Dengan adanya sinergitas dengan akademisi juga akan membantu tumbuhnya inovasi pada program PLN, sedangkan melalui peranan media tentunya dapat membantu menyampaikan program maupun membantu mempercepat informasi permasalahan yang dihadapi masyarakat untuk segera diselesaikan,” tandasnya.

(guruh)