Masuki Masa Panen, Desa Sawangan Hasilkan 8,5 Ton Jagung

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bersama kelompok petani Gapoktan Sumber Harapan Desa Sawangan Kecamatan Jeruklegi/ melakukan panen jagung di lahan seluas 450 hektar Minggu (30/05/21)

Panen jagung tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Camat, Forkopimcam, Kapolsek Jeruk Legi, Danramil Jeruklegi, Kades Sawangan, serta Gapoltan (Gabungan beberapa Kelompok Tani) yang ada di Desa Sawangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melalui Kabid Tanaman Pangan Mlati Asih Budiarti menjelaskan, Untuk varietas jagung yang dikembangkan di Desa Sawangan Varietas Jagung Bisi Simental dan Varian NK.

Panen jagung di Desa Sawangan,menghasilkan produktivitas mencapai8,5 ton per hektar, sehingga panen jagung pipilan kering ini, diperkirakan menghasilkan sebanyak 3.825 ton” ungkap Mlati. Sementara jumlah target produksi jagung Kabupaten Cilacap tahun 2021 adalah 28.885 ton pertahun.

“Targetnya di tahun 2021 itu 28.885 ton, dan kita sudah panen di Desa Sawangan 3.825 ton, sisanya nanti di daerah lain” jelasnya.

Mlati mengatakan untuk provitas jagung mencapai 7,05 ton perhektar pipilan kering, sedangkan di tahun 2020, provitas jagung sebesar 6,69 ton perhektar pipilan kering.

Sedangkan target panen jagung di tahun 2020 itu sebanyak 73 ton sedangkan di tahun ini sampai bulan Mei sudah terdapat produksi 37.486 ton. Pihaknya optimis akan bisa melebihi target di tahun 2021.

Dengan pencapaian saat ini terkait harga jagung yang bagus yakni 5.300 rupiah perkilogram, diharapkan para petani dapat meningkatkan produksi dan produktivitasnya.

“Dengan harga yang bagus petani dapat menjadi lebih sejahtera” pungkasnya.

(tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *