Minat Donor Darah Di Cilacap Semakin Meningkat

Kesadaran masyarakat Cilacap dalam mendonorkan darahnya diklaim semakin meningkat. Peningkatan ini ditandai dengan melimpahnya stok yang ada di PMI Cilacap. Tercatat sampai awal Desember ini, PMI Kabupaten Cilacap memiliki sekitar 2 ribu ampul atau kantung darah yang diperolehan dari kegiatan donor darah dibanyak tempat. Antara lain dari kegiatan rutin bulanan PMI bersama dengan dinas instansi baik pemerintah maupun swasta. Jumlah stok yang ada ini dipastikan sangat mencukupi kebutuhan seluruh rumah sakit di Cilacap.

Staf PMI Cilacap – Muhammad Maryoto mengungkapkan, bahkan dari jenis darah yang diterima cukup bervariasi. Mulai dari golongan darah O yang mencapai 40 persen hingga jenis langka golongan darah AB yang mampu didapatkan dengan mudah di Cilacap.
“Kalau tahun sebelumnya hanya 1500 ampul lebih, tapi tahun ini sangat terasa peningkatanya bahkan sudah tembus 2 ribu ampul pada tahun ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, tahun ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi PMI Cilacap. Sebab Kabupaten Cilacap menjadi rujukan studi banding dari berbagai kabupaten lain dalam kegiatan donor darah. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *