Monitoring New Jogo Tonggo dan Sosialisasi Prokes, Bupati Tegaskan Tidak Ada Pesta Di Natal Dan Tahun Baru 2022

CILACAP – Guna mengevaluasi pelaksanaan kegiatan New Jogo Tonggo dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama jajarannya melakukan monitoring dan Operasi Yustisi di Kelurahan Sidakaya, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan Monitoring Pelaksanaan Kegiatan “New Jogo Tonggo’’ dan Sosialisasi Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat dilaksanakan di Kantor Kelurahan Sidakaya, Cilacap Selatan. Yang dihadiri oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Forkopimda dan Forkopimcam Cilacap Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa saat jogo tonggo untuk saling mengingatkan kepada tetangga ataupun masyarakat lain.

“Saat ini Covid – 19 masih ada, dengan memasuki Level 2, bukan berarti kita bebas. Tapi kita harus memasuki New Jogo Tonggo dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.Dari Bupati sampai ke tingkat RT, itu harus semuanya Jogo Tonggo untuk saling mengingatkan,” Ujar Bupati.

Terkait menjelang Natal  2021 dan Tahun Baru 2022, Bupati Cilacap menegaskan tidak ada pesta perayaan. “Sebentar lagi ada Natal dan Tahun Baru, biasanya ada euforia. Saya bersama Forkopimda mengingatkan, tidak ada pesta. Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada pesta euforia di Natal maupun Tahun Baru,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut,  Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono memaparkan beberapa hal, diantaranya Penanganan Covid-19, pelaksanaan Vaksinasi serta peningkatan peran dan fungsi jogo tonggo di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan. Sementara terkait perayaan Natal 2021 dan Tahun baru 2022, Kecamatan Cilacap Selatan bersama jajaran Forkopimcam akan melakukan tindakan pencengahan.

“Pelaksanaan patroli dan pengamanan baik tempat fasilitas umum, pusat keramaian, lalu lintas, transportasi, tempat ibadah dan  pusat perbelanjaan. Karena di wilayah Cilacap Selatan sebagai pusat perbelanjaan, hiburan, dan perkantoran. Kami juga menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan – perusahaan di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan agar menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi dalam berkativitas,” Jelas Camat.

Polres Cilacap, melalui Kasat binmas lptu Setyo Nugroho memaparkan New Jogo Tonggo Cilacap dan perkembangan Covid 19 di Kabupaten Cilacap. “Pelaksanaan pemberian vaksin dosis I telah mencapai 60.54% yaitu sebanyak 927.835 orang, untuk vaksin dosis II telah mencapai 31.12% atau sebanyak 477.285 orang, sedangkan untuk vaksin dosis III telah mencapai 0.30% atau sebanyak 4.524 orang,” kata Iptu Setyo.

Sementara, data yang belum di vaksin yakni 39,46%. Iptu menambahkan, saat kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada (17/11/21) di wilayah Gandrungmangu, masih mendapati warga masih takut untuk di vaksin.

“Pak camat, danramil, kapolsek di wilayahnya masing – masing untuk sosialsisasi ke warga masyarakatnya untuk mau di vaksin, ini masih sangat perlu dilaksanakan. Warga yang takut ini umur umur yang sudah agak  sepuh memang untuk penjelasan atau pemberian kesadaran untuk diikutkan vaksin masih takut,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati beserta Forkopimda melakukan pengecekan fasilitas isolasi terpusat di Kantor Kelurahan Sidakaya dan diakhiri dengan Operasi Yustisi di Jalan Bromo dengan menghentikan dan memberikan sosialisasi kepada pengendara yang tidak menggunakan masker akan pentingnya protokol kesehatan. (tan/bercahayafm)