Mudahkan Layanan, Pengadilan Agama Kelas 1 A Cilacap Luncurkan Sikompac

CILACAP – Kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi semakin memudahkan masyarakat untuk beraktifitas sehari-hari guna memenuhi berbagai keperluan dan kebutuhan informasi.

Salah satunya terkait kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan infromasi dari Pengadilan Agama  secara mudah, murah dan cepat. Menyadari hal tersebut Pengadilan Agama Kelas I Cilacap terus berupaya untuk meberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi masyarakat dengan menerapkan berbagai aplikasi sebagaimana  telah dibuat oleh Mahkamah Agung maupun Dirjen Badilag juga membuat inovasi sendiri.

Hal ini diimplementasikan oleh Pengadilan Agama Kelas IA Cilacap dengan meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama SIKOMPAC. Yakni Sistem Informasi dan Komputerisasi Pengadilan Agama Cilacap berbasis android yang dapat diunduh melalui aplikasi Google Play Store. Launching aplikasi Sikompac dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama atau PTA  Semarang – Drs. HM Alwi Mallo MH..

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pengadilan Agama Kelas 1A Cilacap dengan Kantor Pos Cilacap untuk layanan Delivery Akta Cerai Melalui Jasa Kantor Pos. Kedua kegiatan tersebut digelar di Ruang Sidang Utama PA Cilacap, Kamis (8/4/2021) siang.

Turut hadir perwakilan Disdukcapil, DPC Peradi, Kantor Pos, dan undangan lain.

Alwi dalam kesempatannya menerangkan, bahwa teknologi saat ini sudah tidak dapat ditolak keberadaanya, dan 89 persen masyarakat Indonesia sudah menggunakan handphone. Olehkarenanya untuk membangun peradilan agama yang modern dengan memanfaatkan teknologi informasi dinilai sudah sangat mendesak dilakukan.

“Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, semua pihak dituntut untuk dapat berpikir keras dalam menyelesaikan tugas pokok PA secara optimal. Yaitu dengan membuat terobosan dalam pelayanan kepada masyarakat yang mampu menghasilkan aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan,” imbuhnya.

Alwi Mallo mengingatkan bahwa ke depan perlu dilakukan kerja sama berperkara dengan TNI-Polri, dikarenakan terdapat aturan tersendiri untuk yang sinkron serta tidak berbenturan dengan aturan instansinya.

Sementara itu Kepala Pengadilan Kelas I A Cilacap – Saefuddin Turmudzy mengatakan, bahwa aplikasi tersebut diantaranya menyediakan berbagai kemudahan dan layanan yang berisi informasi. Diantaranya informasi perkara,  jadwal sidang, panjar perkara, pendaftaran On Line, permbuatan gugatan, permohonan secara mandiri, antri sidang secara online hingga informasi terkait akta cerai dan lainya.

Terobosan pelayanan untuk umum ini merupakan kali kedua setelah pada 2018 lalu me-launching aplikasi e-Court yang dikhususkan bagi para pengacara atau advokat yang mendaftarkan perkaranya di PA Cilacap.

“Kami harap para pencari keadilan bisa memanfaatkan aplikasi tersebut sehingga kebutuhan akan informasi dari Pengadilan Agama Cilacap dapat diperoleh dengan mudah, cepat dan tidak harus dating ke Pengadilan,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *