Narkoba Rambah Dunia Pelajar, BNNK Goes to School Hadirkan Inovasi Baru

Kasus penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar kian memprihatinkan. Di wilayah Cilacap Timur Kecamatan Sampang misalnya, maraknya peredaran narkoba diindikasikan dengan adanya 80 orang yang saat ini menjalani rehabilitasi disebuah klinik daerah tersebut.

BNNK pun turun ke lapangan dalam program Goes to School dengan memberikan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau P4GN kesejumlah sekolah. Seperti pada Selasa pagi, BNNK menyambangi SMP N 1 Cilacap. Yang menarik kali ini, BNNK datang menggunakan fasilitas baru berupa mobil pemberdayaan masyarakat yang dilengkapi sejumlah fasilitas menarik seperti aplikasi game edukasi “Ben Fun Run”. Aplikasi tersebut berisi berbagai pemahaman edukasi bahaya narkoba berikut melalui pertanyaan seputar P4GN.

Kepala BNNK Cilacap – Triatmo Hamardiono mengatakan, selain langkah preventif melalui sosialisasi, peredaran makanan di lingkungan sekolah juga tidak luput dari pantauan pihaknya. Sebab disinyalir ada peredaran narkoba melalui bahan pangan yang banyak dijual di luar lingkungan sekolah.

“Kalau untuk anak SD SMP harus memakai cara baru agar lebih mengena, sedangkan untuk pemakai banyak dikalangan anak sekolah atau pelajar, yang dari jenis pemakaiannya mayoritas obat – obatan. Angka pasti tidak bisa terhitung, tapi yang kecendrunganya bisa dilihat dari koordinasi BNNK bersama salah satu klinik di Sampang. Dari bulan Juni sampai sekarang ini ada 80 orang yang melakukan rehab,” ungkapnya.

Triatmo Hamardiono menambahkan, untuk mengoptimalkan pemahaman masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, pihaknya menjadi bagian Humas sebagai ujung tombak BNNK. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *