P4GN CILACAP DIPERKETAT

Selain keluarga dan masyarakat yang enggan melaporkan Korban Penyalahgunaan Narkoba, hubungan kelembagaan juga menjadi variabel penentu keberhasilan pelaksanaan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalah Gunaan Narkoba-P4GN .

Indeks kota Tanggap Narkotika dapat dilihat dari 5 variabel meliputi Ketahanan Masyarakat,  Keluarga, Hubungan Kelembagaan,  Wilayah dan Hukum.// 5 Variabel Kota Tanggap Narkotika, hasil penelitian kerjasama Badan Narkotika Nasional BNN dengan Universitas Padjajaran Bandung tersebut, sangat diperlukan dalam penyusunan perencanaan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalah Gunaan Narkoba-P4GN,  Baik bagi pemerintah pusat  maupun daerah. Kepala Badan Narkotika Nasional-BNN Kabupaten Cilacap, AKBP  Drs Tri Atmo Hamardiono Msi, usai menyampaikan materi pada Sosialisasi  Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi Narkoba, di Hotel @hom Cilacap, Rabu pagi kepada Bercahaya FM menjelaskan, dari 5 variabel ini dapat diketahui mana yang dinilai lemah,  sehingga perlu menjadi prioritas program dan kebijakan P4GN. 

Selain masih lemahnya hubungan antar lembaga, program P4GN di Kabupaten Cilacap, juga masih dihadapkan dengan variabel keluarga, yang enggan melaporkan penyalah gunaan Narkoba, karena dianggap sebagai aib bagi keliuarga dan stigma negatif  bagi di masyarakat. Menyikapi permasalahan tersebut Badan Narkotika Nasional-BNN Kabupaten Cilacap telah mengambil langkah strategis dengan  menjalin hubungan baik antar lembaga, baik dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik-Kerbangpol Cilacap dan Polres Cilacap. Melalui Rakor dengan OPD di jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap telah dikeluarkan Surat dari Sekretais Daerah-Sekda Kabupaten Cilacap yang menginstruksikan seluruh OPD dan Kecamatan dapat menfasilitasi perogram P4GN di Cilacap. Sedangkan Kapoltres Cilacap sudah memerintahkan sampai di tingkat Polsek untuk mendeklarasikan Desa Bersih  Narkoba-Bersinar.

AKBP  Tri Atmo Hamardiono menambahkan BNN Cilacap segera membentuk Kader dan Penggiat di masyarakat. Sedangkan untuk menangani korban penyalah gunaan Narkoba, BNN Cilacap telah membentuk Klinit Pratama Rehabilitasi Naroba Sehati yang mulai beroperasi bulan Maret 2019 lalu. Sampai dengan posisi pertengahan Oktober ini telah dilakukan rehabilitasi terhadap 16 korban penyalah gunaan Narkoba dari target 10 kasus yang ditargetkan. (4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *