Peduli Sesama, Al Azhar Cilacap Bagikan Ribuan Paket Sembako Gratis

CILACAP – Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir membuat sejumlah pihak turut prihatin. Pasalnya tidak sedikit masyarakat telah merasakan dampak dari adanya pandemi tersebut. Terlebih bagi mereka yang masuk dalam kategori tidak mampu atau membutuhkan.

Tak terkecuali di Kabupaten Cilacap, hal serupa turut meggugah rasa kepedulian dari Al Azhar Yapis Ibnu Sina Cilacap yang meresponnya dengan aksi penyaluran ribuan sembako gratis untuk masyarakat.

Penyerahan sembako tersebut dilakukan secara simbolis oleh Nizar Ba’asir, S. T., selaku Ketua Yapis Ibnu Sina Cilacap serta Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman S. SPT, MSi. kepada sejumlah perwakilan penerima bantuan. Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di Auditorium Al Azhar Cilacap, Kamis (22/04/21).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Dinas P dan K Cilacap, Camat, Kemenag, Baznas, Lurah hingga RT setempat. Tak lupa, mitra LAZ Al Azhar, seperti Dai Pelosok, Penyandang Disabilitas dan Anak Asuh GOTAAZ.

Dalam kesempatannya, Nizar Ba’asir selaku Ketua Yapis Ibnu Sina Cilacap mengungkapkan, aksi pembagian sembako gratis sebenarnya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Al Azhar Cilacap. Namun demikian, kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan 1442 Hijriah serta masa pandemi Covid-19. Sehingga secara tidak langsung dinilai memiliki kesan tersendiri untuk saling berbagi.

“Ada sebanyak 1.769 paket sembako yang bakal disalurkan diberbagai wilayah. Diantaranya untuk masyarakat tidak mampu di lingkup ring satu Al Azhar, daerah terpencil, serta beberapa daerah binaan. Salah satunya yakni didaerah Dondong Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap,” ungkap Nizar Ba’asir.

Ribuan paket tersebut merupakan bentuk kesadaran sosial serta hasil pengumpulan dari para wali murid, guru, karyawan maupun pengurus dan lingkungan Al Azhar Cilacap. Selain pembagian sembako, LAZ Al Azhar Cilacap turut menyerahkan bantuan beberapa kursi roda untuk penyandang disabilitas di Cilacap.

Nizar berharap, kegiatan pembagian sembako gratis serta kursi roda ini dapat memberikan manfaat bagi penerimanya. Selain itu ditegaskan dalam hal ini sekaligus sebagai bentuk dukungan Al Azhar Cilacap terhadap Pemerintah Kabupaten Cilacap, khususnya dalam hal meningkatkan kesejahteraan melalui amal.

“Untuk hari ini kegiatan kita memang pembagian paket sembako. Tapi nanti insya Allah ada kegiatan – kegiatan yang lain, dihari lain kemarin LAZ Al Azhar Cilacap ada program dimasyarakat. Mulai bedah rumah, bantuan usaha, kemudian bantuan orang – orang sakit, fasilitas untuk para disabilitas, serta Alquran braile untuk orang tuna netra,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman S. SPT, MSi. mengapresiasi Al Azhar Cilacap. Pihaknya menilai langkah kepedulian sosial tersebut merupakan hal yang luar biasa dalam mendukung upaya pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak pandemi.

Syamsul berpesan, ribuan bantuan yang ada nantinya dapat disalurkan dengan baik oleh pengurus. Selain itu bagi penerima bantuan, diharapkan mampu merasakan manfaatnya serta dapat menambah semangat hidup untuk menjadi yang lebih baik.

“Tentunya sangat bagus, otomatis dimasa pandemi ini masih banyak masyarakat yang terdampak. Secara ekonomi mereka belum pulih, usaha mereka juga belum bisa optimal, dan ketika ada bantuan dari Al Azhar ini tentunya sangat bermanfaat untuk sedikit membantu mereka. Tapi harapanya ini dapat memicu kemandirian dan menjadi ladang amal baik di masa pandemi maupun bulan Ramadhan,” tandasnya.

(GURUH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *