Pelayaran Perdana Tol Laut Kapal Bintang Utama Diresmikan

Kapal untuk pelayaran perdana proyek tol laut di Cilacap sudah disiapkan untuk mengangkut barang. Peluncuran perdana tol laut ini direncanakan pada akhir bulan ini. Pelayaran tol laut kapal Bintang Utama dengan kapasitas muatan 4400 ton telah diresmikan oleh Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko, Rabu pagi, di dermaga Wijayapura Cilacap.

Pelayaran perintis tol laut nantinya akan menghubungkan antar kabupaten di selatan Jawa, mulai dari Cilacap ke Kulonprogo, Pacitan, Trenggalek, Banyuwangi menuju ke Pelabuhan Celukan Bawang, Bali. Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap juga dijadikan sebagai homebase atau pelabuhan pangkal pelayaran perintis di Jawa Bagian Selatan. Demikian disampaikan Plt Gubernur Jateng, Heru Sujatmoko usai meresmikan pelayaran perintis tol laut, di dermaga wijayapura Cilacap, Rabu pagi.

Selain digunakan sebagai pengangkut barang, rencananya kedepanya program pelayaran perintis Cilacap juga dijadikan sarana transportasi angkutan penumpang.

Heru Sujatmoko kembali mengungkapkan perintis pelayaran tol laut sebagai sarana yang efektif dalam mempercepat perekonomian, Sehingga kedepanya rencananya dikembangkan tidak hanya di jalur Selatan Jawa saja, namun juga untuk wilayah Jawa khususnya Jateng bagian utara. (grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *