Penerapan Parkir Progresif Terkendala Sarpras


Penerapan parkir progresif di Cilacap sampai saat ini belum dapat dilaksanakan. Rencana penerapannya mencakup empat titik yakni Pasar Gede, Pasar Kroya, RSUD Cilacap dan RSUD Majenang. Disinyalir belum tersedianya sarpras menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap – Deddy Sudiro Salyan mengatakan, sarpras yang dimaksud adalah Barier Gate dan sistem komputerisasi berbasis online. Sebab penerapan parkir progresif katanya berbeda dengan parkir pada umumnya. Itu karena penerapan tarifnya ditentukan menggunakan durasi maupun jenis kendaraan yang diparkirkan.

“Meski sudah ada PERDAnya tapi sampai sekarang belum bisa kita terapkan, karena masih terkendala sarpras. Sehingga pengelolaannya yang masih manual tentu tidak dapat dipaksakan untuk menjadi parkir progresif,” jelas Deddy.

Lebih lanjut, Barier Gate diklaim sebelumnya sudah sempat terpasang di Pasar Gede Cilacap. Namun demikian pengelolaan serta penerapan parkir progresif masih menemui kendala karena munculnya gejolak sosial dari kalangan juru parkir lama. Para pedagang juga sempat menuding keberadaan Barier Gate berpotensi semakin menurunkan jumlah pengunjung.

Dishub Cilacap sendiri menganggap keluhan tersebut tidak memiliki korelasi terhadap penerapan parkir progresif. Sementara untuk saat ini katanya dinas masih membicarakannya dengan pihak ketiga. Sebab parkir progresif dinilai cukup efektif dalam mencegah kebocoran PAD dari sektor retribusi parkir.

Digambarkan dari potensi retribusi parkir diwilayah Pasar Gede, sejauh ini penyerapannya masih belum optimal. Yakni hanya sekitar 10 juta perbulan. Kondisi tersebut katanya sangat ironis dengan perolehan di Pasar Kroya yang potensinya kecil namun sudah mampu menyerap retribusi parkir sekitar 80 juta perbulan.

“Saya yakin jika parkir progresif diterapkan, kebocoran selama ini dari potensi retribusi parkir dapat kita ketahui. Karena memang masih banyak orang yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya.

Dedy berharap, masyarakat nantinya semakin sadar terhadap pentingnya penerapan parkir progresif sebagai upaya mendukung pemerintah Kabupaten Cilacap meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor parkir. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *