Penyuluh Agama Bidik Radio sebagai Media Dakwah

CILACAP – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kepenyuluhan, penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggunakan fasilitas radio FM. Suara Bercahaya FM, radio milik pemerintah Kabupaten Cilacap ini mengudara pada frekuensi 94,3 MHz.

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Moeh Tongat mengatakan bahwa penyuluh harus mampu mengoptimalkan fungsinya. Terlebih sekarang sudah marak istilah radikalisme. Disinyalir ada usaha dari pihak-pihak tertentu yang ingin merusak tatanan kehidupan umat beragama di Indonesia.

Untuk itu mengatasi hal tersebut, maka diperlukan usaha maksimal dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat. Derasnya arus informasi di era globalisasi kian tak terbendung. Semua informasi sekarang bisa diakses secara bebas oleh siapapun, dan siapapun juga bisa secara bebas menyebarkan semua informasi yang dimiliki.

Dibutuhkan sebuah filter yang handal, lembut namun memiliki daya fleksibilitas yang tinggi. Filter yang utama adalah dengan memiliki pemahaman agama yang menyeluruh, tidak parsial. Dengan memiliki pemahaman yang menyeluruh dan mendalam, masyarakat diharapkan mampu mengambil sikap dan memposisikan dirinya secara cepat dan tepat. Kecepatan dan ketepan sangat diperlukan untuk mengimbangi derasnya efek arus informasi.

Dialog interaktif

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Cilacap, Aid Mustaqim selalu siap untuk melayani para pendengarnya. Layanan ini diluncurkan dengan dialog interaktif dengan para pendengar. Dialog dilakukan melalui Short Message Service (sms) ataupun saluran telepon. Acara ini mengudara setiap Senin sore pukul 17.00 – 17.30. Siaran layanan langsung ini diharapkan bisa menjadi pencerah dan menjawab semua persoalan yang ada di masyarakat.

Untuk melangkapi kegiatan siaran radio, Aid Mustaqim juga melaksanakan rekaman. Hasil dari rekaman tersebut kemudian disiarkan tiap hari padap pukul 06.00 dengan nama ‘Sebening embun’. Tidak sebatas siaran, Pokjaluh Cilacap sekarang ini juga sedang menyelenggarakan lomba tahfidz Juz ‘Amma hasil kerja sama dengan Suara Bercahaya FM. (budiono/gt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *