Percepatan Mitigasi, Panglima TNI dan Kabaharkam Polri Tinjau Vaksinasi Covid-19 Di Cilacap

CILACAP – Mitigasi penyebaran varian baru Covid-19  di Kabupaten Cilacap terus dilakukan. Kali ini melalui upaya vaksinasi masal kepada ribuan masyarakat Cilacap. Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistilyanto, M.Si, secara langsung turut melakukan peninjauan, pada Jumat (04/06/21).

Sementara itu dalam pers rilis yang digelar di Gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, bahwa  pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini diprioritaskan bagi kalangan lansia dan pra lansia. Yakni dengan target vaksinasi selama dua hari, mampu menyasar 140 ribu lansia dari jumlah total penduduk Kabupaten Cilacap sebanyak 1,9 juta jiwa.

Lebih lanjut, berdasarkan peninjauan yang dilakukan, pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Cilacap dinilai sudah cukup bagus, tertib dan lancar.  Bahkan dari rencana pelaksanaan selama dua hari, pada sesi hari pertama mampu menyasar  40 ribu orang lansia yang ada di Cilacap. Sementara untuk sisanya, dikatakan akan segera menyusul dan secara bertahap bakal terus dipenuhi.

“Jadi kira – kira kalau 70 persen 1,1 juta, ini akan kita laksanakan terus vaksinasi Covid-19,” tegasnya.

Terkait berbagai upaya mitigasi varian baru atau mutasi  Covid-19  asal India yang sempat masuk ke Cilacap melalui ABK Filipina, dikatakan sudah dilakukan dengan baik.  Indikatornya, yakni belum ditemukan adanya penyebaran mutasi baru dikalangan masyarakat.

Kendati demikian, pihaknya menekankan kepada semua pihak untuk dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti  menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir.

“Pelaksanaan kegiatan yang ada di Cilacap ini untuk memitigasi varian baru, ternyata bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak sampai terjadi mutasi di masyarakat. Tadi kami berpesan juga pada Bupati untuk terus melakukan tracing dan yang penting lagi adalah pelaksanaan tiga M. Karena kunci untuk menjaga diri masing – masing adalah dengan penggunaan masker,” ungkap Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto optimis dengan adanya langkah pencegahan atau mitigasi yang dilakukan secara berkelanjutan ini, nantinya dapat menekan jumlah kasus positif Covid-19 serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cilacap.

Sementara itu pihaknya juga mengungkapkan bahwa Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistilyanto, M.Si, dalam kunjungannya ke Kabupaten Cilacap juga menekankan, kepada anggota Polri untuk dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dalam menggelorakan masker guna menekan penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui dalam kegiatan ini, turut dihadir Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr., Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E, Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, S. Sos., M. Si.,M. Tr. (Han), Kababek TNI Marsma TNI Sugeng Wiwoho, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki dan beberapa perwira menengah lainnya.

Sedangkan Kabaharkam Polri didampingi oleh Kapusdokes Mabes Polri Brigjen. Pol. dr. Rusdianto, M.M., M.Si., DFM, Karumkit Bhayangkara TK 1 Raden Said Sukanto Brigjen Pol. dr. Asep Hendradiana, SP.AN.,KIC, M.Kes., Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono, Kabag Penum Div. Humas Polri Kombes Pol Dr. Ahmad Ramadhan SH,MH. M.Si. dan Koorsmin Kabaharkam AKBP Boy Jackson Situmorang.

Kedatangan Panglima TNI dan Kabaharkam Polri disambut langsung Kepala BNPB RI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus, S.E., Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, yang sebelumnya melalui jalur darat telah sampai di Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Turut menyambut Panglima TNI dan Kabarhakam Polri, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Syafrudin S.I.P, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Dan Lanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi S.I.P, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H., Dan Den Pom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm (K) Asmin Tapahing.

Serta KSPM Purwokerto Kombes Pol Drs Didi Hadi Supandi, Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Mashudi Sik SH M. Hum, Dir Polair Polda Jateng Kombes Pol Raden Setiyo Nugroho, SIK, Dir Pam Obvit Polda Jateng Kombes Pol Drs. Budi Suprayoga M.Si., Dir Logistik dan Infrastruktur Pertamina Pusat Mulyono, Direktur SDM & Penunjang Bisnis Pertamina, Johan B. Nababan, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap Nyoman Sidakarya, S.H.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *