Peringati Hari Ibu Ke 93 Tahun 2021 Pemkab Cilacap Gelar Resepsi

CILACAP – Puncak Peringatan Hari Ibu ke 93 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Cilacap, diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Cilacap di Jln. Jenderal Sudirman No.32 Cilacap, Kamis (23/12).

Kegiatan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap yang dalam hal ini diwakili Ny. Selva Asis Lallo, Ketua Jalasenatri Lanal Cilacap Ny. Sri Sugeng Subagyo, Ketua Bhayangkari Polres Cilacap Ny. Yuliana Eko Widiantoro, serta para Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut, selaku penyelenggara Peringatan Hari Ibu ke 93, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII melalui Wakil Ketua Ny. Selva Asis Lallo menjelaskan, peringatan hari ibu ini diselenggarakan dengan maksud untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Terutama generasi muda, untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan, serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila,” Jelasnya.

Adapun tujuan peringatan Hari Ibu ini adalah membangkitkan kepedulian masyarakat perspektif “Perempuan Berdaya” dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagi sebuah bentuk kesetaran dalam peran yang bertujuan mewujudkan harmoni antara laki-laki dan perempuan.

“Khususnya mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta mendukung penguatan karakter “Perempuan Berdaya” melalui sektor ekonomi “Kewirausahaan Perempuan” sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan terhadap perempuan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak dan pencegahan pekerja anak,” Imbuhnya.

Sebelum Resepsi, Kegiatan diawali dengan Seminar Peringatan Hari Ibu dengan tema “Melek Teknologi dengan mata Sehat, Mendorong Produktivitas Perempuan Semakin Kuat dan Mandiri” dengan Narasumber Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih, dengan judul Perempuan Berdaya, Tingkatkan Ekonomi di Era Pandemi dan Dokter Ahmad Lutfi, dari RSUD Cilacap dengan judul “Gadget Berdampak pada Mata Jendela Dunia” yang di moderatori Ibu Dari Tembok dari Yes Radio. Juga penilaian berbusana kebaya pada acara resepsi peringatan Hari Ibu yang dinilai oleh Tim tanpa diketahui oleh para peserta.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap melalui Sekda Drs. Farid Ma’ruf mengucapkan, Selamat Hari Ibu, dengan harapan semoga melalui peringatan ini, dapat semakin mendorong perempuan Kabupaten Cilacap untuk berperan aktif dalam ikut serta setiap program pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Cilacap yang maju dan sejahtera.

“Hakekat peringatan Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu yaitu sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia,” Kata Bupati Cilacap.

Menurut Bupati, sosok perempuan Indonesia masa ini harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh srmber daya sebagai akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. Begitu juga pola pengasuhan dalam keluarga, laki-laki dan perempuan mempunyai peran dan tanggungjawab yang sama dalam mengasuh anak dan hal ini harus didukung semua pihak.

“Pada hari yang spesial ini yaitu Hari Ibu, mari kita jadikan sebagai salah satu momentum saling mengingatkan kembali betapa pentingnya seorang Ibu, betapa vitalnya peran Ibu untuk kita dan betapa hebatnya figur Ibu untuk kita. Dan juga sebagai momentum untuk mengingatkan kembali apa yang sebenarnya menjadi kewajiban dan tugas kita, yang harus kita penuhi sebagai sedikit balasan atas apa yang telah Ibu lakukan,” Ajak Bupati melalui Drs. Farid Ma’ruf.

Ditemui usai acara, Penasehat Organisasi Wanita Tety Rohatiningsih menyampaikan bahwa saat ini kaum perempuan di Kabupaten Cilacap masih termarjinalkan agar bisa diepresiasi untuk hak – haknya sebagai warga masyarakat khususnya di kabupaten Cilacap yang berdaya, berhasil guna, serta ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah maupun nasional.

“Dihari Ibu ini, tidak hanya pelaksanaan seremonial saja tetapi di aplikasi di lapangan agar kontribusi para ibu – ibu yang hebat ini agar terus mendedikasikan apa yang menjadi empowerment seseorang untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Cilacap,” jelas Teti.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih dan diberikan kepada salah satu Ketua Organisasi Kabupaten Cilacap.

Pada peringatan Hari Ibu tahun ini turut diserahkan pula hadiah untuk para pemenang lomba-lomba, yaitu lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan, lomba Posyandu, lomba Rumah Desa Sehat, lomba membuat minuman rempah sehat dan segar, lomba tanaman obat keluarga (TOGA), serta lomba dresscode terbaik. Selain itu turut diluncurkan pula buku”Advokasi Perempuan di Kancah Politik” yang disusun oleh tim dari KPU bersama Dinas KB, PP, dan PA Kabupaten Cilacap. (tan/bercahayafm)