Peringati HUT TNI ke 76, Dandim : TNI Tetap Solid, Profesional Dan Dicintai Rakyat

CILACAP – Bupati Cilacap bersama Komandan Kodim 0703/Cilacap mengikuti Upacara Peringatan HUT TNI ke 76 secara virtual yang dilaksanakan di Aula Satya Kartika Kodim, Selasa (05/10/21). Upacara Peringatan HUT TNI ke 76 sendiri dilaksanakan di halaman Istana Merdeka Jakarta, dimana Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, serta membantu masyarakat dalam menghadapi tantangan lain, mulai dari bencana alam sampai pandemi Covid-19.

“Kesigapan TNI juga saya minta untuk selalu di aktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman senjata biologi dan keamanan siber termasuk ancaman bencana alam,” tutur Jokowi.

Ditemui usai upacara, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, atas nama Pemkab Cilacap mengucapkan Selamat HUT TNI ke – 76, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Cilacap harus kompak, semangat, gotong royong serta bersama sama perang melawan Covid-19 dengan serbuan vaksinasi. “Target kita Pemda bersama TNI-Polri dan seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap di akhir tahun 2021 dan 2022, Cilacap harus bebas dari Covid-19,” harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim Letkol Inf Andi Afandi S.I.P juga menjelaskan bahwa peringatan HUT TNI ke 76 secara virtual hampir dilaksanakan hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk didalamnya Cilacap yang masih berstatus PPKM Level 3. Terkait hal tersebut, Dandim berharap agar staatus ini menjadi evaluasi bersama agar kedepan bisa turun menjadi level 2.

“Hal ini menjadi evalusi bersama bahwa tugas kita masih panjang, perjuangan kita tidak hanya berhenti disini. Dan inilah refleksi TNI di usia yang ke 76 bagaimana TNI harus tetap solid, profesional dan dicintai rakyat. Tdak ada kata lain bagaimana mengupayakan akselerasi penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap dalam waktu dekat ini agar bagaimana bisa merubah status level 3 ke level 2. Kita padu bersama, solid, sinergi dan maju terus untuk Cilacap agar lebih baik dan lebih sehat,” tegasnya.

Dengan diiringi lagu Selamat Ulang Tahun “Jamrud”, menambah makin meriahnya suasana dihalaman Makodim 0703/Cilacap terlebih lagi saat Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi dan Mayor Laut Wijaya dari Lanal Cilacap memotong kue ulang tahun dan menyerahkannya kepada Kapolres dan Bupati Cilacap. Selain penyerahan kue ulang tahun, juga dilakukan penyerahan tumpeng dari Kapolres dan Bupati Cilacap kepada Dandim dan Lanal Cilacap.

Penyerahan tumpeng dari Kapolres dan Bupati Cilacap kepada Dandim dan Lanal Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widianto, S.I.K., bersama jajarannya mengucapkan secara langsung Dirgahayu TNI ke-76. Dengan harapan TNI semakin Solid, Profesional dan dicintai rakyatnya.

Dalam penanganan Covid-19, menurut Kapolres, tidak hanya Pemda, TNI-Polri saja namun memerlukan peran aktif dari semua lapisan masyarakat. Hampir di seluruh daerah, sudah menunjukkan angka penurunan aktifnya, untuk itu dirinya berharap Cilacap harus bisa menurunkan angka levelnya minimal levelnya diakhir tahun ini bisa turun menjadi level 2, 1 hingga ke level 0.

“Kami mengharapkan agar semuanya turut serta mensosialisasikan, mengedukasi kepada masyarakat supaya masyarakat yang belum melaksanakan vaksin bisa mengikuti vaksin. Bapak Bupati sudah berusaha ke pusat untuk meminta langsung agar vaksinasi di Cilacap ini ditambah dan saya minta upaya ini harus kita dukung penuh supaya Kabupaten Cilacap bisa terbebas dari belenggu pandemi Covid-19,” tegasnya.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : pendim