Pertamina Kilang Cilacap Dorong Pos Pokdar Kamtibmas Aktif Lagi

CILACAP PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menyerahkan bantuan perangkat keamanan bagi anggota Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di wilayah sekitar operasional kilang Cilacap. Penyerahan bantuan perangkat Kamtibmas dilakukan di aula Kelurahan Tegalareja, Kecamatan Cilacap Selatan, akhir pekan lalu.

Bantuan berupa seragam rompi Pokdar Kamtibmas dan senter kedip ini dilakukan oleh CSR & SMEPP Officer Pertamina RU IV, Dian Kuswardani kepada Lurah Tegalreja, Rokhmatdi didampingi pengurus Pokdar, dan Bhabin Kamtibmas Polsek Cilacap Selatan di aula kelurahan setempat.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan mengungkapkan penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Tanggap Bencana bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap beberapa waktu lalu.

“Peran anggota Pokdar Kamtibmas ini sangat penting lantaran mereka sudah teruji memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat,” ujarnya.

Terlebih di masa pandemi ini peran anggota Pokdar Kamtibmas menjadi pihak yang turut menyebarluaskan informasi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Maka selain perangkat Kamtibmas kami juga membagikan poster-poster himbauan mengenai bahaya Covid-19 beserta protokol kesehatan di masa New Normal agar disebarluaskan kepada masyarakat di masing-masing wilayah,” kata Hatim.

Pertamina RU IV bersama BPBD Kabupaten Cilacap sebelumnya menyelenggarakan Pelatihan Tanggap Bencana bagi 33 anggota Pokdar Kamtibmas di 3 kelurahan wilayah eks-Kotif Cilacap masing-masing Kelurahan Tegalreja, Tegalkamulyan, dan Donan. Pelatihan di aula Kelurahan Tegalkamulyan ini dilatarbelakangi realita bahwa Kabupaten Cilacap memiliki beragam potensi bencana yang harus disikapi dengan pemahaman terkait manajemen dan mitgasi bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *