Pilketos Jadi Ajang Edukasi Demokrasi Siswa

 Cilacap, bercahayafm.cilacapkab.go.id – Pemilihan Ketua Osis atau dikenal dengan Pilketos di SMP PIUS Cilacap, dijadikan ajang pembelajaran siswa dalam berdemokrasi secara sehat sejak dini. Dalam serangkaiannya, puluhan peserta didik diajarkan sejumlah pemahaman mengenai demokrasi yang sehat. Salah satunya dengan mengikuti jalannya pemaparan visi misi dari kedua pasangan calon Ketua Osis pada sesi debat publik, demikian disampaikan Guru Pembimbing Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia Pilketos SMP PIUS Cilacap – M Ludang Joko, di aula setempat, Kamis (23/01/20).

Lebih lanjut, Pilketos pada tahun ini diikuti oleh dua pasangan calon atau paslon. Yakni Julius Wijaya Agung dan Mae Clarrence sebagai paslon nomor urut 1 kemudian Benedicta Geraldine Wibowo dan Moses Marchell Abednego Hape untuk paslon nomor urut 2.

“Ketua Osis terpilih nantinya akan diberikan wewenang untuk memilih anggotanya secara mandiri atau tanpa bantuan dari Guru. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk memberikan pembelajaran nilai – nilai kepemimpinan kepada siswa. Khususnya dalam membangun struktur organisasi di sekolah,” imbuh M Ludang Joko. 

Hal senada turut disampaikan Pastor  Paroki Santo Stephanus Cilacap – Pastur FA Teguh Santosa Pr, edukasi politik demokrasi dinilai cukup baik untuk para siswa siswi SMP PIUS Cilacap. Terutama dalam mengembangkan mutu pembelajaran dalam komunitas belajar sesuai dengan yang diinginkan Menteri Pendidikan – Nadiem Makarim.

“Hal yang perlu diapresiasi adalah mereka mampu memaparkan visi dan misi yang akan diberikan kepada sekolah ini kepada anak – anak. Terutama dalam mengembangkan mutu pembelajaran dalam komunitas belajar sesuai dengan apa yang diinginkan Menteri Pendidikan – Nadiem Makarim,” ungkap Teguh.

Sementara itu salah satu Paslon Ketua Osis SMP PIUS Cilacap – Julius Wijaya Agung mengatakan, dirinya ingin membawa SMP PIUS Cilacap menjadi lebih baik. Diantaranya dengan mewujudkan kebhineka tunggal ikaan yang dapat diaplikasikan dalam program kerjanya sebagai ketua Osis. Selain itu, ia juga memiliki Visi Misi untuk mengangkat kualitas pribadi siswa siswi SMP PIUS yang berprestasi unggul berdasarkan spiritualitas hati dan berwawasan Adiwiyata.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *