PLTH Jadi Solusi Bangkitnya Dusun Bondan Dari Keterpurukan

CILACAP – Pertamina terus berupaya memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern bagi masyarakat. Salah satunya melalui program tanggung jawab sosial perusahaan yang diberi nama Program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin atau disingkat E-Mas Bayu. Program ini dilaksanakan di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

Adanya program pemanfaatan energi baru terbarukan berbasis matahari dan angin, tentunya dari Petamina Refinery Unit IV Cilacap berupa Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) turut dirasakan manfaatnya oleh 78 Kepala Keluarga di Dusun Bondan.

Pembangunan berkelanjutan yakni Energi Bersih dan Terjangkau semakin terlihat nyata pasca terpenuhinya kebutuhan energi listrik secara mandiri diwilayah setempat.

Humas PLTH Dusun Bondan – Muhammad Jamaludin mengungkapkan,   jika keberadaan PLTH telah menjawab masalah ketersediaan energi bagi masyarakat yang selama lebih dari dua dekade sulit diakses oleh aliran listrik. Sistem pemanfaatan energi baru terbarukan ini, dinilai sangat sesuai bagi daerah terpencil, kondisi lahan tidak stabil, dengan jumlah penduduk sangat minim.

Bahkan dengan dukungan Pertamina ini, masyarakat sudah dapat mengembangkan PLTH dengan kapasitas listrik mencapai 16.200 WP.

Selain digunakan untuk menghasilkan penerangan, lanjut dia, PLTH juga dimanfaatkan untuk pengoperasian alat desalinasi air dari payau menjadi tawar. Tidak hanya itu, fasilitas ini juga dipakai sebagai aerator tambak kelompok nelayan atau program Energi Mandiri Tambak Ikan (E-Mba Mina).

“Kebutuhan akan air bersih untuk masyarakat terpenuhi, di mana listrik digunakan untuk desalinasi air. Yakni pengolahan air payau menjadi air tawar kapasitas 240 Liter/Jam, dan bisa dimanfaatkan oleh 78 kepala keluarga serta sejumlah rumah produksi UMKM pesisir,” tambah dia.

Sementara itu salah satu warga Dusun Bondan – Susi Susanti mengungkapkan, saat ini adanya aliran listrik dapat membantu hidupnya sehari – hari. Seperti aktifitas penggunaan alat elektronik, penerangan yang juga membantu proses pembelajaran pada anak – anak yang masih mengenyam pendidikan.  

“Tentu ini sangat membantu dan kami sangat berterimakasih kepada Pertamina RU IV Cilacap,” tandasnya.

(guruh)