Polres Cilacap Tingkatkan Integritas Pelayanan SIM,  Kasatlantas : Semua Harus Berkualitas, Sesuai Prosedur, dan Bersih Dari Pungli

CILACAP – Polres Cilacap melalui jajaran Satlantas terus melakukan peningkatan kinerjannya dalam urusan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dalam hal pelayanan  pembuatan maupun perpanjangan Surat Ijin Mengemudi atau SIM.

Guna mengoptimalisasi kinerja para anggotannya, Polres Cilacap mengimplementasikan hal tersebut melalui langkah strategis. Yakni berupa deklarasi integritas pelayanan SIM.

Tujuan deklarasi ini antaralain mengingatkan kepada pelaksana sarpras khususnya dalam melakukan pelayanan pembuatan SIM maupun Perpanjangan SIM, untuk dapat memberikan pelayanan secara optimal dan sesuai prosedur.

Kegiatan ini berlangsung di aula utama Mapolres Cilacap pada Senin 15 November 2021.

Kapolres Cilacap melalui Kasatlantas Polres Cilacap AKP Ris  Andrian Yudo Nugroho SH SIK MIK menegaskan, bahwa semua petugas maupun pelaksana sarpras harus profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu pihaknya tidak ingin adanya bentuk penyelewengan,  maupun pelayanan yang dinilai masih kurang, atau tidak sesuai prosedur.

“Jadi jangan sampai ada penyelewengan, jangan ada pelayanan yang masih kurang tidak sesuai prosedur,” katanya. 

Lebih lanjut, Kasatlantas pada kesempatannya turut menyoroti berbagai tantangan dalam kondisi saat ini, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dia mengungkapkan, belakangan ini ada beberapa tantangan maupun kendala yang harus terus dibenahi. Seperti dampak luasnya geografis Kabupaten Cilacap membuat pelayanan pembuatan SIM sejauh ini hanya mampu dilakukan di Mapolres Cilacap. Praktis hal ini menjadi PR tersendiri untuk Polres Cilacap.

“Tapi intinya, kami memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan SIM yang terbaik kepada masyarakat. Banyak kendala dalam pelayanan SIM yang sudah didengarkan dari masyarakat, dan sudah dicatat masukan-masukan dari tokoh agama dan masyarakat dan perwakilannya. Tentu akan kita carikan solusinya,” kata dia.

Menjawab tantangan ini, Kasatlantas mengatakan, bahwa guna memberikan layanan yang optimal, Polres Cilacap kedpepannya akan melakukan berbagai langkah trobosan serta inovasi berupa aksi jemput bola dalam pelayanan SIM untuk 25 Kecamatan di Kabupaten Cilacap.

“Ini menjadi PR buat kami, kedepannya akan dilakukan jemput bola,”ungkapnya.

Adapun dalam persiapannya, sejauh ini sudah terdapat beberapa polsek yang memiliki sarana pelatihan ujian SIM. Dengan maksud kedepannya akan diproyeksikan sebagai salah satu wadah untuk mendekatkan serta mempermudah layanan permohonan pembuatan SIM dari masyarakat.

“Yang pada intinya, hari ini kita mendeklarasikan, kami siap untuk memberikan dan memperbaiki mempermudah pelayanan SIM kepada masyarakat,”tambahnya.

Namun demikian, ditegaskan jika SIM bukanlah surat yang serta merta untuk dapat diberikan. Karena untuk mendapatkan SIM dikatakan memiliki kewajiban untuk lulus ujian. Seperti kemampuan, pengetahuan mengemudi, dan prosedur lainnya yang harus dijalani. 

“Ada saran-saran dari masyarakat tentang lokasi-lokasi tes kesehatan dan psikologi yang terpisah dengan Polres. Ini disampaikan memang ada keterbatasan kami. Lokasi itu harus memadai, kalau dekat Polres cari tempat yang representatif. Nanti coba kita mencari lokasi,”katanya.

Kasatlantas menambahkan, bahwa upaya peningkatan layanan ini juga akan diperkuat dengan beberapa program pendukung. Seperti  wadah pengaduan masyarakat terkait layanan SIM, yang turut dihadirkan pada platform digital maupun medsos. Bahkan dipastikan akan terpantau langsung dari Polda maupun Polres dan penanganannya dicek secara periodik.

“Ada medsos kami atau bisa ke direc masagenya saja, atau kita bisa langsung menyampaikannya ke petugas layanan kami. Namun yang paling gampang, ke media sosial kami yang terpantau langsung dari Polda maupun Polres dan penanganannya dicek secara periodik,”ungkapnya.” tambahnya.

(Guruh)