POPDA 2020, Ajang Pemkab Cilacap Mencari Bibit Atlet Muda Berbakat

Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 dijadikan ajang penyaringan bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat. Selain itu, momen tersebut juga diharapkan nantinya dapat meregenerasi atlet lokal Cilacap. Salah satunya melalui pembinaan atlet yang dilakukan secara konsisten sejak usia dini. Sehingga mampu menghasilkan atlet berkualitas dan berprestasi ditingkat yang lebih tinggi.

Demikian disampaikan Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji pada pembukaan POPDA 2020 di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Rabu (12/02/20).

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan, sampai saat ini masih terdapat PR yang belum terselesaikan, khususnya dalam hal memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Cilacap. Untuk itu, momentum POPDA tersebut diharapkan dapat sekaligus dijadikan sarana evaluasi pembinaan olahraga pelajar yang telah dilakukan selama ini.  Disamping itu, kegiatan POPDA ini diharapkan  mampu memasyarakatkan olahraga dikalangan pelajar. Mengingat Pendidikan Olahraga katanya merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis dan keterampilan sosial.

Pendidikan Olahraga juga diharapkan mampu mengembangan kemampuan pelajar dalam penalaran, stabilitas emosional, moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Sehingga Pembinaan olahraga dinilai memiliki peranan yang sangat penting. Yaitu untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

Untuk itu, Bupati meminta satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan, diharapkan mampu memantau, menggali, memandu dan membina potensi pelajar. Salah satunya dengan membangun paradigma keolahragaan agar  atlet-atlet pelajar  mampu berprestasi di tingkat yang lebih tinggi, dan membawa nama harum Kabupaten Cilacap pada pentas olahraga tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

“PR kita dalam dua tahun ini, setiap distrik kecamatan harus memiliki sarana tempat olahraga untuk meningkatkan potensi atlet. Maka Pemda kedepan harus menyiapkan hal ini. Harus ada lapangan olahraga yang dilengkapi joging trek maupun sarana lainnya seperti kolam renang untuk para atlet,” kata Bupati.

Sementara itu  Ketua Panitia POPDA 2020 Cilacap – Wasis mengatakan, dari 24 kecamatan,  terdapat sekitar  6 ribu orang pelajar tingkat SD, SMP, SMA, maupun sederajat,   yang dilibatkan dalam gelaran POPDA 2020 tingkat Kabupaten Cilacap.  

POPDA 2020 tingkat Kabupaten Cilacap secara resmi sudah dimulai sejak 12-15 Februari 2020. Sedangkan untuk jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi SD atau MI terdapat 15 cabor, kemudian SMP atau MTS dan SMA sederajat ada sebanyak 17 cabor.

“Seluruh pertandingan nantinya akan dilaksanakan dibeberapa tempat atau venue yang telah ditentukan, Seperti Stadion dan GOR Wijayakusuma, Indor Wijayakusuma, dan ada diantaranya menggunakan sarana gedung olahraga yang ada diwilayah Cilacap,” kata Wasis.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *