Praktik Coaching Jadi Inovasi Terbarukan Guru Penggerak Cilacap

CILACAP – Masih seputar pendidikan, kali ini dari para Guru Penggerak Kabupaten Cilacap yang terus melakukan berbagai inovasi maupun peningkatan kualitas kinerjanya dalam memberikan pengajaran terhadap anak murid. Salah satunya melalui praktik pelaksanaan coaching oleh peserta Calon Guru Penggerak dalam Lokakarya ke 4 Pendidikan Guru Penggerak Kabupaten Cilacap, yang baru – baru ini dilaksanakan di Fave Hotel Cilacap.

Kepada Bercahaya FM, Pengajar Praktik sekaligus Pendamping Guru Penggerak Kabupaten Cilacap – Heni Purwono mengungkapkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini tengah memakai pendekatan baru dalam melakukan perubahan pendidikan dengan cara berbeda yang diujicobakan pada program Pendidikan Guru Penggerak. Praktik coaching merupakan upaya memperbaiki pembelajaran dengan memberikan bantuan menyelesaikan masalah secara mandiri melalui dialog dalam rangka mengoptimalkan potensi sendiri.

“Melalui pembelajaran diferensiasi dan teknik coaching ini saya harap dapat benar – benar diterapkan oleh para guru penggerak di Kabupaten Cilacap. Sebab ini dapat menggali potensi dari berbagai sektor, mulai dari rekan sejawat maupun hingga siswa didik,” kata dia.

Salah satu peserta Lokakarya Ibnu Affan mengungkapkan metode coaching ini mengharuskan dirinya sebagai coach untuk pandai-pandai memancing jawaban lawan bicara atau coachee.

Sementara Ketua Agen Perubahan Pendidikan Guru Penggerak P4TK Matematika Kemdikbud – Yuliawanto selaku penanggungjawab teknis kegiatan mengungkapkan, selain praktik coaching, para Calon Guru Penggerak di Kabupaten Cilacap sejumlah 74 orang guru juga sedang digodok untuk mampu merancang pembelajaran berdiferensiasi.

“Mereka kita ajak menyusun rencana pembelajaran yang mampu mengoptimalkan semua potensi siswa. Keunikan-keunikan yang adap pada semua siswa mencoba kita akomodir dalam pembelajaran, sehingga semua siswa mendapatkan hak yang sama untuk tumbuh optimal pemahamannya terhadap pembelajaran” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *