Standar Nilai Siaran

  1. Siaran informasi, pendidikan maupun hiburan harus dapat menjunjung tinggi dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, kesadaran hukum, norma agama dan nilai budaya, menumbuhkan demokratisasi dan meningkatkan kesadaran akan pelaksanaan Hak Asasi Manusia, melindungi anak-anak, remaja, perempuan dan hak kelompok masyarakat minoritas dan marginal,
  2. Dalam penyelenggaran siaran harus menghindarkan diri dari hal hal yang dapat merendahkan suku, agama, ras, antar golongan dan melecehkan perbedaan individu atau kelompok yang mencakup usia, gender dan kehidupan sosial ekonomi.
  3. Dalam menyajikan berita harus obyektif dengan melaksanakan kebijakan redaksi (editorial policy ) yang dilandasi sifat independen tanpa dipengaruhi atau mendapat tekanan pihak manapun baik pimpinan, pemerintah, kekuatan – kekuatan politik, pemodal maupun kelompok kelompok kepentingan ( vested interest ) dalam masyarakat.
  4. Program siaran pemberitaan senantiasa mengindahkan prinsip jurnalisme profesional dengan berpegang pada prinsip akurasi, keadilan dan ketidak berpihakan.
  5. Dalam menyiarkan isu kontroversial yang menyangkut kepentingan public harus menyajikan berita, fakta dan opini secara obyektif dan berimbang dengan mengedepankan kepentingan masyarakat umum.