Puluhan Pelanggar Terjaring Operasi Masker di Kawunganten

Sebanyak 23 pelanggar protokol kesehatan Covid -19 terjaring dalam operasi Yustisi sebagai penegakkan Perda nomer 5 Tahun 2020. Salah satunya adalah terkait Kewajiban Menggunakan Masker. Kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Kawunganten, Rabu pagi, (23/09/20)

Kegiatan ini secara langsung dipimpin oleh Bupati Cilacap – Tato Suwato Pamuji, dengan diikuti oleh jajaran Forkopimda, Kapolres Cilacap – AKBP Derry Agung Wijaya, maupun Ketua Kajari Cilacap, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, dan pihak Satpol PP Cilacap.

Kapolres Cilacap – AKBP Derry Agung Wijaya menegaskan, berdasarkan Perda tersebut, pelanggar akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar 50 ribu rupiah dan ancaman pidana selama 3 bulan.

“Kegiatan peneggakan perda terkait penanggulangan penyakit menular ini, akan kita dilakukan secara terus menerus di berbagai wilayah di Cilacap,” ungkap Kapolres.

Sementara itu Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan dari Pemkab dan Forkopimda untuk menanggulangi Covid-19 di Cilacap. Olehkarenanya untuk setiap peneggakan Perda nomer 5 tahun 2020 ini diminta untuk dilakukan dengan tegas tanpa pandang bulu atau tidak diperbolehkan tebang pilih.

“Saya mau upaya penegakkan Perda no 5 tahun 2020 ini dilakukan dengan serius, pokoknya tidak boleh main – main dan harus dilakukan terus sampai Covid-19 di CIlacap tidak ada,” tegas Bupati.

Para pelanggar Perda no 5 tahun 2020 di wilayah Kawunganten, menjalani proses sidang.

Sementara itu Handoyo warga Wanareja, mengatakan bahwa pihaknya mengaku terjaring razia lantaran kedapatan tidak mengenakan masker dengan prosedur yang baik dan benar. Olehkarenanya dia menyatakan akan lebih mematuhi peraturan guna menjaga kesehatan serta terhindar dari penyebaran Covid-19 di Cilacap.

“Saya tadi dari pasar Kawunganten, sebenarnya bawa masker cuma memang lupa memakainya. Kemudian kena razia dan didenda 25 ribu. Karena sudah peraturannya seperti itu memang harus dipatuhi. Kedepannya, Insya Allah saya akan lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan rekap data terakhir Satpol PP Cilacap, dalam operasi masker di Kawunganten ini terdapat 23 pelaku pelanggar yang dikenakan sanksi sesuai perda Nomor 5 Tahun 2020 pasal 6 huruf e angka 1. Adapun Putusan sidang dengan rincian Denda sebesar 24 rupiah dan Biaya Perkara sebesar Seribu rupiah. Kemudian Total denda ada sebanyak 575 ribu yang di setorkan kepada Kas Daerah.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *