Puluhan Seniman Ramaikan Lomba Grafity Pesona Cilacap


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap, Murniyah (kanan) bersama Ketua Panitia Insan Indah Pribadi (kiri) melakukan pembukaan gelaran lomba Grafity Pesona Cilacap.

Sebagai upaya menekan aktifitas vandalisme atau lebih dikenal corat – coret tak bertanggung jawab, puluhan seniman digandeng Dinas Pariwisata untuk mengikuti lomba Grafity Pesona Cilacap. Sebanyak 35 seniman seni rupa khususnya mural dan grafity, baik lokal maupun luar daerah menyerbu lomba grafity tersebut, di kawasan wisata Teluk Penyu, Minggu (30/09).

Dengan mengusung tema “Pesona Cilacap”, peserta diberi waktu 5 jam untuk mampu menciptakan visualisasi potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Cilacap.

Kepala Disporapar Cilacap – Murniyah mengatakan, selain menjadi ajang penyaluran bakat seni rupa, kegiatan tersebut merupakan upaya Disporapar mengembangkan potensi wisata khsusnya kawasan Teluk Penyu.

“Lomba Grafity Pesona Cilacap merupakan upaya Dinas Pariwisata memberikan wahana berkreasi kepada para seniman, untuk mengekspresikan hal – hal kemajuan yang ada di Cilacap. Selain itu juga sebagai sarana promosi berwisata ke Cilacap,” tuturnya.

Sementara menurut Ketua Panitia dari Komunitas Kreatif Sangkanparan Cilacap – Insan Indah Pribadi mengatakan, terdapat beberapa kategori penilaian yaitu artistik, originalitas gambar, dan sesuai dengan tema.

“Kalo melihat perkembangan seni rupa di Cilacap, sebenarnya dari kalangan pelajar banyak yang aktif menggunakan beberapa tempat terbengkalai menjadi sasaran berkreasi tanpa melakukan vandalisme. Sehingga dengan adanya kegiatan Lomba Grafity Pesona Cilacap, saya sangat mendukung dan mengapresiasinya,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil penilaian 3 Juri seniman artistik kawakan, yaitu Alfiyan Harfi, Prananto dan Priyono Susilo lomba grafity Pesona Cilacap dimenangkan oleh kelompok Arsal Squad Cilacap, ditempat kedua dan tiga diraih oleh kelompok seniman Momo asal Binangun Kroya dan HAM Art asal kalasan Jogjakarta.

Tidak ketinggalan sebagai bentuk apresiasi untuk pelajar yang telah terlibat, turut diserahkan penghargaan khusus kepada SMPN 1 dan SMAN 1 Jeruk Legi Cilacap. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *