Ragam Seni Jadi Hadiah Keren Dari Sangkanparan Untuk Cilacap

CILACAP – Pandemi Covid – 19 yang belum kunjung berakhir berdampak serius terhadap kelangsungan hidup seniman dan pekerja seni. Tak terkecuali seniman di Kabupaten Cilacap. Hal ini yang membuat Komunitas Kreatif Sangkanparan melakukan upaya dan ide – ide kreatif untuk membuat sebuah pertunjukan melalui kegiatan Creative Online Video atau Covid.

Dan pada hari Selasa 23 Maret 2021, Sangkanparan mengadakan sebuah sajian karya pertunjukan yang dipersembahkan sebagai Kado Untuk Kota Tercinta 165 Tahun Cilacap.

Ketua Komunitas Kreatif “Sangkanparan” – Insan Indah Pribadi menjelaskan pada kegiatan ini disajikan karya-karya spesial diantaranya, Tarian berjudul Megat Megot  persembahan dari Padepokan Seni Tari Giyan Lakshita, kemudian tari Gumregah persembahan Sanggar Tari Rama Shinta  Adipala. Dan tarian modern berjudul  We Are Survivors  persembahan GW Dance Studio X Cilacap Dancer.

“Dipenghujung acara, sebuah sajian pertunjukan wayang sejarah berjudul  Dumadine Tapang Dengklok dibawakan oleh Dalang Muda Ki Mijil Probo Bawono bersama Nusatembini Karawitan, menutup sajian Kado Untuk Kota Tercinta 165 tahun Cilacap,” ungkapnya.

Semua sajian karya tersebut ditayangkan di Channel Youtube Sangkanparan dalam rangkaian talkshow bersama Seniman Begalan Cilacap yakni Mbah Karsini, selain itu ada juga Tofik Suseno , salah satu pelaku seni yang bergerak dibidang musik. Mereka  bercerita tentang aktifitas berkesenianya selama masa pandemi. Dan berharap agar para pelaku seni bisa saling menguatkan dan merawat semangat, agar tetap bisa berkarya.

“Kami berharap, spirit yang dibangun bersama-sama ini bisa menjadi motivasi bagi pelaku seni untuk tetap berkarya, berinovasi melahirkan karya-karya baru,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *