Ramadhan 1442 H, Momentum Tingkatkan Spritualitas Umat dan Disiplin Kesehatan

CILACAP – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini tidak menjadikan bulan suci ramadhan 1442 Hijriah kehilangan suasana religinya. Bahkan adanya pandemi justru menambah semangat sejumlah umat muslim untuk lebih meningkatkan spritualitas agamanya.

Seperti yang dilakukan oleh Serdik Sespimmen Angkatan 61 Tahun 2021, yakni Kompol Agus Sulistianto, S.H.,S.I.K. yang menjadikan bulan ramadhan kali ini sebagai momentum meningkatkan spiritualitas dan disiplin kesehatan terhadap masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan sejumlah sosialisasi maupun edukasi kesehatan yang ditanamkan kepada lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatan tausiyah yang dilaksanakan usai Sholat Dzuhur – Kompol Agus Sulistianto, S.H.,S.I.K. menyampaikan, pandemi diakui sejauh ini telah membuat masyarakat lebih banyak berada di rumah. Mulai dari aktifitas bekerja, belajar, hingga beribadah. Semula hal ini diharapakan agar dapat mencegah penularan virus Covid-19.

Namun demikian, menurutnya terdapat persoalan yang kerap ditemukan dilingkungan masyarakat. Yakni timbulnya rasa bosan akibat rutinitas disaat Pandemi yang perlu dilawan. Sebab kebosanan dinilai dapat menimbulkan stres serta menurunkan imunitas tubuh.

Dihadapan sekitar 30 jemaah di Masjid Al Ikhlas Polres Cilacap, Kompol Agus Sulistianto, S.H.,S.I.K. mengajak seluruh pihak dapat turut serta dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Yakni dengan menjalankan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari – hari.

“Disiplin menjaga kesehatan menjadi keharusan, khususnya pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Asupan makanan bergizi dan berolahraga menjadi kunci menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Ditengah aktivitas yang padat, sempatkan lah kita untuk berolahraga di waktu senggang, demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Namun pada masa Pandemi Covid-19, berolahraga harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan dan nenghindari kerumunan,”jelas Kompol Agus Sulistianto, Senin (19/4/2021).

Kompol Agus Sulistianto berpesan kepada para jemaah agar dalam menjalankan aktifitas beribadah juga harus mengedepankan aspek kesehatan sesuai protokol yang telah ditentukan.

“Anggota Polres Cilacap tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di semua aktivitasnya, pakai masker dan jaga jarak tetap dilakukan, juga harus sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” pesannya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *