Resahkan Waga, BKSDA Resor Cilacap Telusuri Kemunculan Buaya di Perairan Montean

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Resor Konservasi Wilayah II Cilacap kembali mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai adanya kemunculan Buaya di perairan Montean, Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Kamis 15 Oktober 2020.

Kepada tim pemberitaan Becahaya FM, BKSDA Jateng Seksi Konservasi Wilayah II Pemalang RKW Cilacap – Dedi Rusyanto, melalui Pengendali Ekosistem Hutan – Wahyono membenarkan hal tersebut.

Keberadaan buaya muara yang berukuran sepanjang tiga meter tersebut, sebelumnya terpantau ada disekitaran perairan Montean Kampung Laut. Bahkan diketahui seringkali mendekati lokasi yang seringkali digunakan warga setempat untuk beraktifitas.

Lantaran dianggap dapat membahayakan warga Kampung Laut, BKSDA Resor Konservasi Wilayah Cilacap menindaklanjutinya dengan melakukan penelusuran ke sejumlah lokasi. Yakni diawali dari titik awal kemunculan Buaya muara hingga ke titik yang dinilai seringkali dijadikan persinggahan hewan tersebut.

“Kami pagi ini bersama Lanal Cilacap, MMP Cilacap dan relawan lainnya, sudah melakukan penelusuran ke lokasi yang dinilai menjadi titik awal kemunculan buaya muara. Bahkan dari tim yang diberangkatkan juga mengkroscek tempat berjemunya buaya muara ini. Kami juga membawa peralatan lengkap apabila memungkinkan adanya langkah evakuasi terhadap Buaya,” kata Wahyono.

Selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan tindakan preventif guna mencegah timbulnya korban akibat seragan buaya. Seperti memasang papan peringatan dititik rawan, kemudian membuat jaring pengaman, maupun sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Langkah ini, lanjut Wahyono,  merupakan salah satu hal yang sangat penting. Masyarakat selain dituntut berhati – hati namun juga diminta untuk selalu berkoordinasi baik kepada BKSDA Resor Cilacap maupun pemerintah desadan pemerintan kecamatan.

Sehingga selanjutnya dapat membantu pihak terkait dalam mengambil langkah strategis untuk penanganan buaya muara. Terlebih buaya tersebut merupakan satwa yang dilindungi.

Sementara itu salah satu Ketua Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Pandu Nusa Buana binaan BKSDA RKW Cilacap – Tarmuji menghimbau, bahwa masyarakat khususnya nelayan untuk waspada, tetap tenang dan tidak panik terhadap kemunculan buaya muara diperairan Montean, Kampung Laut.

“Saya harap rekan – rekan nelayan maupun masyarakat setempat dalam menjalankan aktivitas keseharaian untuk tetap mengedepankan keselamatan, dapat  tenang dan tidak panik jika mendapati adanya kemunculan buaya muara diperairan Montean, Kampung Laut,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *