Resmikan Gedung Baru, BAZNAS Cilacap Serahkan Bantuan Sarpras Usaha Dan Sunatan Masssal

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan gedung baru Kantor Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Kabupaten Cilacap, di Jl. Jendral Sudirman Cilacap, Kamis, (02/09/21).

Kegiatan tersebut juga di rangkai dengan kegiatan Sunatan masal yang diikuti oleh 60 anak dhuafa serta Penyerahan bantuan sarana usaha kepada mustahik yakni berupa gerobak usaha dan sepeda jualan keliling kepada 5 penerima.

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teto Rohatiningsih, Camat di wilayah eks Kotip Cilacap, serta sejumlah undangan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap berterimakasih kepada BAZNAS Kabupaten Cilacap, karena telah bekerja keras untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dan terdampak Covid – 19. Bupati juga mengapresiasi atas perkembangan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah, yang semakin tahun selalu meningkat.

“Ini sangat luar biasa, kerja sama, kerja keras, sukses untuk membantu saudara – saudara kita, membantu yang terdampak Covid – 19, membantu UMKM, membantu pedagang, terus ada juga pembagian APD. Yang lebih luar biasa saya sampaikan, Ketua BAZNAS Nasional Prof. Noor Achmad berterimakasih pada Pemkab Cilacap. Dulu BAZNAS dianggap tidak ada apa apanya. Yang dulu perolehannya hanya Rp 800 juta berhasil naik hingga 200 persen,” kata Bupati.

Sementara, berdasarkan data BAZNAS Kabupaten Cilacap, pada tahun 2019, pengumpulan ZIS sebanyak Rp 8,458 milyar dengan penyaluran Rp 7,32 milyar, dan kembali meningkat pada 2020 dengan pengumpulan sebanyak Rp 12,22 milyar dengan penyaluran Rp 11,337 milyar. Adapun semester pertama 2021, pengumpulan ZIS Rp 8,226 milyar dengan penyaluran Rp 5,943 milyar.

“Bahkan estimasi saya bisa Rp 15 milyar. Tahun depan ketika ekonomi bangkit, kesadaran berzakat makin meningkat. Kenapa bisa seperti itu, karena pengurusnya orang-orang berintegritas dan dapat dipercaya”, tegas Bupati.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cilacap, Irvan Rahmat menjelaskan, untuk meningkatkan perolehan ZIS pihaknya berupaya menjalin sinergi dengan Pemkab Cilacap. Sebab sejauh ini masih banyak potensi-potensi yang belum tergali. Demikian pula untuk sektor lain seperti pertanian, pertambangan, wirausaha, dan beberapa instansi vertikal.

“Insya Allah nanti kita bentuk UPZ UPZ, termasuk di masjid-masjid. Mudah mudahan lebih banyak sinerginya dan jangkauan kita, termasuk pentasarufanya”, kata Irvan.

BAZNAS Kabupaten Cilacap juga menyalurkan bantuan modal usaha bulan Agustus 2021 yakni modal usaha pribadi untuk 57 orang, modal kelompok usaha untuk 2 kelompok, dan bantuan sarana usaha 60 unit gerobak. Untuk program penanggulangan Covid-19, pada 2020 BAZNAS Cilacap menyalurkan bantuan APD sebanyak 15.450 pcs, dan pada 2021 sebanyak 11.000 pcs.

Bantuan sembako Cilacap Peduli tahun 2020 sebanyak 5.554 paket, dan 2021 5.356 paket. Program bantuan Cilacap Makmur berupa pembinaan modal usaha tahun 2020 untuk 429 orang, dan tahun 2021 untuk 272 orang. Kemudian bantuan Relawan BAZNAS Tanggap Bencana dalam berbagai momentum di 24 kecamatan sebanyak 150 personil.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : kominfo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *