Ribuan Guru di Cilacap Ikuti Indonesia Milenial Teacher Festival

CILACAP – Memperingati Hari Guru Nasional, ribuan guru di Kabupaten Cilacap, mengikuti kegiatan Indonesia Milenial Teacher Festival (IMTF) 2021, Selasa (07/12/21).

Kegiatan yang di gelar di Gedung Patra Graha tersebut, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cilacap yang diikuti oleh guru paud, hingga SMA se Kabupaten Cilacap.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi guru untuk menerapkan metode pembelajaran secara daring di masa pandemi dan meningkatkan kemampuan guru di era digital dan teknologi informasi.

Psikolog anak Seto Mulyadi atau yang biasa disapa Kak Seto, sangat mengapresiasi kegiatan Indonesia Millenial Teacher Festival, karena kegiatan ini mengajak para guru untuk lebih profesional menjalankan tugasnya sebagai guru, apalagi di saat masa pandemi seperti ini.

“Banyak tantangan, banyak masalah tapi selalu ada kata – kata bijak bahwa guru bijak mendidik siswa sesuai zamannya. Zaman sekarang di perlukan guru yang tetap kreatif, tetap ramah anak menjadi sahabat anak, sahabat siswa karena ini sesuai dengan tuntutan kompetensi sebagai pendidik,” ungkap Kak Seto.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, generasi muda milenial harus dipersiapkan mulai dari saat ini. “Karena, negeri ini ada di pundak anak – anak muda yang kata – katanya, perilakunya, pendidikannya, maka harus wajib belajar untuk kedepan dan generasi yang bisa mandiri bukan hanya generasi yang mencari kedudukan dan uang,” Ungkap Tatto.

Terkait pembelajaran daring di Kabupaten Cilacap, Bupati menegaskan bahwa dalam pembelajaran daring semua harus terlibat. “Orang tua terlibat, guru terlibat, semua terlibat, maka sekarang orang tua menjadi guru, pendidik dan pengajar yaitu bagaimana learn from home, tapi temu muka juga lebih penting karena ada sosialisasi,” kata Bupati.

Kegiatan Indonesia Milenial Teacher Festival dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7 hingga 9 Desember 2021. Melalui pelatihan ini, di harapkan guru – guru di Kabupaten Cilacap bisa meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran, guru yang kretaif, inovatif adalah kunci sukses bagi guru dalam pembelajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap juga menyerahkan penghargaan kepada para Narasumber yakni Prof. Dr. Seto Mulyadi, Munif Chatib, Dr. Djarot Wijanarko, serta Mr. Herdinalsky (sebagai promotor event). (tan/bercahayafm)