Ribuan Nelayan Cilacap Kantongi Sertifikat Pas Kecil

Cilacap-Ribuan nelayan Cilacap dalam waktu dekat bakal mengantongi Surat Tanda Kebangsaan Kapal atau Pas Kecil. Fasilitas yang sangat menguntungkan nelayan ini menjadi landasan hukum dalam mengajukan bantuan peralatan melaut.

Selain itu, dengan memiliki Pas Kecil dan sertifikat, maka kapal tersebut telah memenuhi syarat kelayakan operasi dan keselamatan. Artinya, ada pertanggungjawaban dari pemilik kapal terhadap anak buah atau ABK. Misalnya ketika terjadi musibah di laut.

Wakil Ketua HNSI Cilacap – Parjo Hadi Pranoto mengatakan, dari 3.200 kapal milik nelayan se Kabupaten Cilacap, terinci untuk kapal berukuran maksimal 7 gross ton sebanyak 2.440 lebih. Dan semua kapal dalam bobot ini telah selesai dilakukan pemeriksaan oleh pihak KSOP Cilacap dan Departemen Perhubungan Pusat pada Jumat pagi kemarin.

“Sudah dikebut pengerjaanya dan insya Allah hari jumat ini seudah bisa dibagikan kepada seluruh nelayan yang telah lolos sertifikasi,” ungkapnya

Parjo menambahkan, kapal yang belum tersertifikat saat ini sebanyak 654 unit. Ditargetkan dalam waktu satu minggu kedepan bakal menerima hak yang sama dengan sejumlah pendataan maupun pengukuran oleh tim penilai. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *