Ribuan Surat Suara Pemilu Di Cilacap Rusak

Sebanyak 5 ribu surat suara ditemukan rusak saat proses penyortiran dan pelipatan. Diantaranya temuan di Gedung Dwijaloka. Dalam proses penyortiran dan pelipatan ini hampir setiap hari petugas menemukan adanya kerusakan pada ratusan surat suara baik dari DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan maupun surat suara untuk Presiden.

Kasubag Umum Sekertariat KPU Cilacap – Suprayitno mengatakan, selama delapan hari proses pelipatan dan penyortiran surat suara, jenis kerusakan yang ditemukan yakni pada gradasi warna, bercak noda, dan beberapa diantaranya bahkan ditemukan dalam kondisi sobek.

Lebih lanjut, surat suara yang rusak rencananya bakal dilaporkan dan segera diganti dengan yang baru oleh KPU RI sebelum tanggal 1 April mendatang.

“Setiap hari kami temukan yang rusak ada diatas 500 surat suara, dengan ditemui bercak noda , gradasi warna, dan ada juga yang sobek. Nantinya setelah direkap jumlah keseluruhan bakal dilaporkan ke KPU RI untuk diganti yang baru,” ungkapnya.

Suprayitno menambahkan, progres pelipatan dan pensortiran surat suara di Cilacap, diklaim cukup baik. Bahkan pihaknya optimistis, proses ini akan dirampungkan lebih cepat dari terget semula. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *