Segera Di Resmikan, Kutawaru Dijadikan Kampung Bahari Nusantara

CILACAP – Melalui program unggulan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap memilih Desa Kutawaru sebagai Kampung Bahari Nusantara. Hal itu disampaikan oleh Danlanal Cilacap, Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos saat ditemui Reporter Bercahaya FM, Senin (28/06).

Sugeng mengatakan, terpilihnya Desa Kutawaru sebagai Kampung Bahari Nusantara, karena Desa tersebut memenuhi 5 aspek, yakni Pertahanan, Kesehatan, Perekonomian, Pariwisata serta Edukasi.

“Desa Kutawaru dikelilingi oleh Lautan, disitu sudah ada pos angkatan laut, ada Babinsa, selain itu, Kutawaru sudah memiliki Puskesmas pembantu sebagai fasilitas untuk menunjang kesehatan masyarakat, yang nantinya akan kita padukan dengan kesehatan dari angkatan laut” kata Sugeng.

Selanjutnya, Kutawaru memiliki kegiatan perekonomian seperti penyulingan minyak kayu putih. Kutawaru juga memiliki wisata dengan kearifan lokal di beberapa tempat serta masih adanya Edukasi yang berkaitan dengan maritim.

Keseluruhan aspek tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan program pembangunan pemerintah.

“Kita bersama Pemerintah, stake holder ada Pertamina dan SBI dan pihak terkait juga akan terus bersinergi melakukan pembenahan – pembenahan, seperti pembuatan tiang penerangan dan perapihan daerah setempat” jelas Sugeng.

Rencananya, Peresmian kampung Bahari Nusantara akan dilakukan pada bulan September mendatang, bersamaan dengan HUT TNI Angkatan Laut.

“Mudah – mudahan kasus Covid – 19 segera menurun, agar kegiatan peresmian nanti tidak terhambat, karena kita juga akan menyajikan perlombaan seperti Lomba Dayung Perahu Naga dan berbagai perlombaan lain” harapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *