Semarak Ramadan lewat Bercahaya FM

CILACAP – SUARA sejuk seorang mubalig terdengar dari sebuah speaker kecil di sudut ruang siaran Radio Bercahaya FM, stasiun milik Pemkab Cilacap. Sang mubalig tengah serius menguraikan makna dan manfaat berpuasa di bulan Ramadan bagi kaum muslim. Suaranya terserap langsung oleh microphone, kemudian mengudara dan didengar ratusan pasang telinga warga Cilacap.

”Salah satu manfaat puasa adalah melatih kesabaran. Sabar menghadapi cobaan, sabar menghadapi penderitaan, dan sabar menghadapi desakan hawa nafsu,” demikian potongan ceramah sang mubalig.

Selang tujuh menit kemudian, ceramah selesai. Kaset azan magrib diputar oleh operator dan warga Cilacap yang mendengar gema azan dari radio itu pun segera berbuka. Kegiatan di atas adalah salah satu gambaran aktivitas para pengelolaRadio Bercahaya FM pada bulan Ramadan ini. Mereka berusaha menyuguhkan program yang berkaitan dengan ibadah puasa.

Tak heran jika kemudian bermunculan sejumlah program dengan mencantumkan kata ”Ramadan”, seperti Program Ramadan Menjelma, Mutiara Ramadan, Hai Ramadan, Ramadan Quiz, dan Tergoda Ramadan.

Uniknya, tidak semua acara berupa ceramah serius. Ramadan Quiz misalnya, berupa acara kuis yang melibatkan peserta. Program Tergoda Ramadan malah berupa request pendengar yang menginginkan lagu dangdut kesayangan diputar. Ini tak lain karena kepanjangan Tergoda Ramadan adalah Terminal Goyang Dangdut Ramadan.

Tambah Pengetahuan

Menurut pimpinan Radio Bercahaya FM M Aminuddin, fokus mereka pada bulan suci ini adalah menyuguhkan acara yang bermanfaat bagi pendengar.

”Bermanfaat di sini berarti acara kami bisa menghibur sekaligus memberi tambahan pengetahuan islami kepada pendengar,” kata Aminuddin.

Menurutnya, trik untuk menciptakan acara Ramadan yang menarik perlu dilakukan. Jika tidak, pendengar akan memilih stasiun radio swasta sebagai pengisi waktu hari-hari puasa mereka.

”Kami sadar modal radio pemerintah kalah kuat dibanding dengan mereka. Namun ini bukan alasan untuk tidak membuat bulan Puasa kali ini sepi program yang semarak,” ungkap Aminuddin.

Berdasar fakta tersebut, mereka mulai mencari perusahaan yang bersedia menjadi sponsor. Sejumlah perusahaan, baik tepung terigu, perbankan, sampai dealerkendaraan, menyambut tawaran ini. ”Harapan kami, suguhan selama bulan Puasa ini benar-benar bermanfaat bagi pendengar,” kata Aminuddin. (Mohamad Sobirin-36m)

Sumber berita : http://www.suaramerdeka.com/harian/0510/11/ban11.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *