Sidak Pasar dan Supermarket di  Cilacap, TJKPD dan Lokapom Banyumas Temukan Banyak Produk Mengandung Bahan Berbahaya

CILACAP – Sejumlah pangan berbahan pengawet dan zat berbahaya masih ditemukan di Kabupaten Cilacap. Hal ini diketahui berdasarkan hasil pemantauan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah – TJKPD Kabupaten Cilacap bersama Lokapom Banyumas di berbagai pasar tradisional maupun supermarket di Cilacap.

Adapun  dari pasar Pelem Gading ditemukan banyaknya makanan jenis tahu yang diindikasikan menggunakan pewarna mengandung zat kimia.

Sementara produk panganan asal Jatilawang berupa Karag, ditemukan mengandung pewarna tekstil  jenis Roda min B. Selanjutnya ikan, Cumi kering, serta teri nasi asal Ajibarang yang beredar di pasar tradisional Cilacap, diketahui mengandung bahan pengawet berbahaya jenis Formalin.

Sedangkan untuk hasil pemeriksaan pangan di Supermarket, ternyata tidak jauh berbeda. Pasalnya petugas berhasil mendapati produk yang tidak berijin PSAT atau  Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan. Hal ini turut menjadi sorotan tim TJKPD serta Lokapom Banyumas, yang mendesak pengelola ritel maupun supermarket untuk segera mengurus kepada pihak terkait.

Kabid Konsumsi dan keamanan pangan – Agus Priharso mengatakan, bahwa banyaknya pangan maupun produk berbahaya dan tidak sehat ini akan segera ditindaklanjuti. Yakni dengan melakukan berbagai langkah strategis berupa pembinaan, sinergitas lintas sektoral, dan pendekatan lebih lanjut kepada para penjual atau rumah produksi.

“Kami sudah melakukan penelusuran secara langsung ke salah satu rumah produksi tahu, dan diantaranya kami juga mengambil beberapa sampel bahan pewarna untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Semua pendekatan dan pembinaan telah kami lakukan, baik kepada pihak pembuat atau produksi pangan maupun para pedangang di pasar,” kata dia.

Agus berharap, para pelaku usaha maupun penjual pangan maupun produk lainya, dapat lebih peduli terhadap faktor kualitas, keamanan, serta kesehatan untuk para konsumen. Sehingga nantinya dapat menjadikan Pasar, Ritel, dan Supermarket di Cilacap mampu terbebas dari produk berbahaya yang dapat mengancam kesehatan konsumen.

(Guruh)