Simulasi Tingkat SD Dan SMP Dilaksanakan Serentak Di Kabupaten Cilacap

CILACAP – Kabupaten Cilacap melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas. Diketahui sebanyak 303 SD dan 31 SMP Negeri dan Swasta, melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka sejak Senin, 23 Agustus lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Drs. Sadmoko Danardono, M.Si mengatakan, jumlah siswa yang melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka terbatas hanya 30 sampai 40 anak dengan dibagi menjadi 4 sesi.

“Satu sesi ada 10 anak, berarti pelajaran satu setengah jam, kemudian pulang, ada jeda waktu satu jam baru diisi sesi berikutnya, jadi satu hari rata – rata ada 30 sampai 40 anak. Mudah – mudahan simulasi ini bisa aman, tertib, kondusif, dan anak – anak tetap sehat. Tetap semuanya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, karena kesehatan diprioritaskan,” jelas Sadmoko.

Tidak hanya sekolah tingkat SD dan SMP, Sekolah TK dan PAUD di Kabupaten Cilacap juga melaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka terbatas, namun setiap Desa hanya ada 1 TK dan 1 PAUD dengan jumlah siswa sebanyak 5 anak.

“Untuk anak TK dan PAUD, diupayakan di tempat terbuka, didampingi orang tua. Kalau tingkat Sekolah Menengah Atas, itu kewenangan Provinsi, sehingga kami serahkan sepenuhnya Provinsi yang punya kewenangan sepenuhnya,” katanya.

Meski belum di tentukan sampai kapan pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka terbatas, Namun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan selalu melakukan evaluasi terkait pelaksanaan dilapangan. Sadmoko menambahkan,  selama Pembelajaran tatap Muka di laksanakan, secara umum belum ada kendala, karena protokol kesehatan di masing – masing sekolah sudah disiapkan dan diterapkan dengan baik.

Terkait vaksinasi bagi pelajar, pihaknya sudah merencanakan, dan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten Cilacap.

“Kita sudah rencanakan, kalo nanti stoknya sudah ada, kami koordinasi dengan pimpinan dan Kepala Dinkes, untuk anak 12 tahun atau anak SLTP ini akan kita vaksin,” pungkasnya.

Reporter : (Intan/BercahayaFm)

dok : Dinas P & K Kab.Cilacap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *