Sisa Persoalan Hari Terakhir UNBK

Persiapan sejumlah siswa siswi SMP Pius Cilacap sesaat sebelum UNBK hari terakhir dimulai.(25/04/19)

Setelah berjalan selama tiga hari, Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingka SMP secara resmi telah berakhir pada hari ini. Kendati demikian, UNBK menyisakan cerita suka duka dikalangan pelajar maupun guru.

Di SMP PIUS Cilacap, muncul keluhan terkait mata pelajaran Matematika. Bukan lantaran dianggap sulit, tetapi karena pada salah satu soal yang dikerjakan terdapat kesalahan, sehingga tidak dapat dikerjakan.

Salah satu siswi SMP Pius Cilacap – Gracia Aini Warela mengatakan, fasilitas baik dari komputer maupun jaringan internet dinilai sudah cukup baik. Namun dirinya mengeluhkan adanya kesalahan soal dalam ujian mata pelajaran Matematika, yang dianggap dapat memupuskan harapanya untuk meraih nilai 100. Sementara dari soal mapel lain, seperti bahasa Inggris justru dianggap menjadi momok pada UNBK tahun ini. Sebab soal yang ada, memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Yakni mengenai verb yang tidak umum dan tidak dapat diperoleh dari SKL.

“Kalau menurut saya yang paling susah bahasa Inggris karena soal yang dimunculkan adalah verb yang tidak umum, dan itu tidak bisa mengandalkan SKL tapi cenderung ke pengetahuan kita sendiri ke Vocab. Kalau soal Matematika itu kemarin sempat ada yang salah atau tidak lengkap tanda penghitunganya. Padahal satu nomer itu berarti buat saya yang mempunyai target nilai seratus untuk mapel Matematika,”ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SMP PIUS Cilacap – C Budi Setyawan mengatakan, 102 siswa yang mengikuti UNBK dinilai tidak terbebani, baik dari soal yang telah dikerjakan maupun yang tidak dapat dikerjakan lantaran kesalahan soal. Sebab dari segi persiapan secara mental maupun perlengkapannya sudah dilakukan sejak bulan Oktober lalu. Mengenai temuan kesalahan pada soal Matematika, hal tersebut dianggap menjadi kewenangan dinas terkait.

“Untuk Bahasa Inggris yang dinilai berbeda dan tidak diperoleh dari SKL, kedepanya bakal menjadi fokus tersendiri untuk lebih mengembangkan kualitas SKL. Yang jelas kami berharap, SMP Pius Cilacap dapat kembali meraih prestasi dari hasil ujian yang diperoleh tahun ini, yakni dengan meraih nilai tertinggi se Karisidenan maupun Nasional,”imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *