Tak Gentar Dipukul Pandemi, Ragam Kreatifitas Muncul Dari Kampung KB Gadis Cilacap

CILACAP – Masa pandemi yang berkepanjangan ternyata tidak membuat masyarakat kian terpuruk. Bahkan kondisi saat ini yang dinilai tidak mudah, justru melahirkan kreatifitas dan kemandirian. Seperti warga Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, melalui pemberdayaan Kampung KB Gadis (Guyub Aman Damai Indah Sejahtera), mereka mampu memunculkan beragam inovasi dalam sejumlah hal.

Salah satunya pemanfaatan lahan non produktif menjadi lebih bermanfaat dan bernilai lebih. Tak pelak ini menjadikan warga serta wilayah setempat semakin maju dan jauh dari kesan kumuh maupun kelam seperti dimasa sebelumnya.

Pembina Kampung KB GADIS – Suldi menjelaskan, jika pada 2017 menjadi titik balik dari rasa kejenuhan warga yang memuncak karena merasa suasana kampung sudah tidak nyaman.

Dukungan dari CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap juga menjadi booster pada kampung yang dulunya kumuh, disulap menjadi kampung idaman.

“Dahulu disekitaran jalur kereta api itu sangat kumuh, kadang orang juga takut lewat situ karena banyak orang mabuk dan kerap terjadi tindakan tidak bertanggung jawab lainnya. Sekarang sudah tidak ada lagi karena lahan sudah dimanfaatkan dengan hal – hal baik dan produktif,” ungkapnya.

Senada, Ketua Seksi Ekonomi Kampung KB Gadis – Kasiatun mengungkapkan, bahwa pemanfaatan lahan melalui bertani hidroponik ternyata dapat menjadikan kualitas hidup masyarakat lebih sehat dan bersih. Bahkan wilayah pinggiran rel kereta api yang dulunya kumuh dan sering dijadikan tempat mabuk mabukan, kini berhasil disulap menjadi lahan hijau dan asri.

Lebih lanjut, melalui bantuan dan dukungan CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, diakuinya membuat produksi panen tanaman hidroponik semakin meningkat.

Sehingga dilakukan pengolahan produksi hidroponik menjadi berbagai produk UMKM unggulan. Seperti salah satunya sayur mayur pokcai yang dijadikan aneka minuman sehat kekinian. 

“Ada bantuan dari CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap tentu menambah program kami berkembang pesat. Bahkan yang tadinya tidak seberapa, sampai sekarang kita dapat membuat ratusan minuman kemasan yang berbahan sayuran pokcai,” kata dia.

Dia menambahkan, berkat kesadaran kolektivitas warga dibantu pula dari CSR Pertamina, Kampung KB GADIS layak menyabet Juara Kampung KB Tingkat Nasional 2019. Bahkan Kampung KB GADIS sampai saat ini masih sering dijadikan studi banding dari daerah lain di Indonesia.

(Guruh)