Tak Surut Dihantam Pandemi, Siswa SMP PGRI 1 Cilacap Sharing Pembelajaran


CILACAP – Pembelajaran di era pandemi menjadi kendala tersendiri bagi siswa. Sayangnya, masalah yang mereka hadapi sering kali tidak terungkapkan dengan baik. Karenanya tak jarang, siswa mengalami depresi dan sekolah cenderung tak mau tahu.

Menghadapi persoalan tersebut, SMP PGRI 1 Cilacap punya cara tersendiri. Para siswa menggelar acara Saling Sharing untuk berbagi dalam menghadapi pembelajaran di era pandemi. Kegiatan dilaksanakan di aula sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Sabtu (29/05).

Penggagas kegiatan tersebut adalah Calon Guru Penggerak – Tursini. Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan aksi nyata Guru Penggerak.

Menurut Tursini, kegiatan ini dimaksudkan agar para siswa berbagi tips pembelajaran yang baik serta melatih kepercayaan diri siswa mengungkapkan gagasannya.

“Di acara ini, semua siswa yang menyiapkan sekaligus pengisi acara. Bahkan para guru dan kepala sekolah pun menjadi peserta. Karena tujuan utama memang kita ingin mendengar keluh kesah siswa serta bersama-sama mencari solusinya, agar pembelajaran menjadi lebih baik” jelas Tursini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum – Tri Pratikno menambahkan, kegiatan ini dinilainya sangat positif karena menjadi sarana tukar pikiran sekaligus saling memotivasi antar siswa maupun guru.

“Ini kali kedua dilaksanakan. Sebelumnya kelas 9 sudah. Kali ini kelas 7 dan 8. Sangat positif hasilnya, siswa yang selama ini menjadi objek pembelajaran kali ini kita posisikan sebagai subjek. Kita banyak mendengarkan apa yang siswa mau. Ini cara yang efektif untuk terus menerus memperbaiki kualitas pembelajaran, khususnya agar pembelajaran berpihak pada siswa. Insyaallah kegiatan ini akan kita rutinkan setiap semester” jelas Tri.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *