Takut Jalani Sidang, Tahanan Kejari Cilacap Nekat Kabur dari Rutan

CILACAP – Seorang residivis yang menjadi tahanan Kejaksaan Negeri  nekat kabur dari rumah tahanan (rutan) yang berada di Polsek Cilacap Selatan awal Maret lalu. Tersangka kasus narkoba ini diketahui kabur lantaran takut menjalani proses sidang kasus yang menjeratnya. Namun demikian usahanya tersebut sia-sia. Pasalnya pelarian yang dia lakukan berhasil dihentikan di Jakarta.

Kapolres Cilacap – AKBP Leganek Mawardi mengatakan, tahanan yang melarikan diri dari rutan di Polsek Cilacap Selatan adalah tersangka kasus narkotika yang merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Cilacap yang dititipkan di rutan.

Tersangka yang kabur ini bernama Tasno seorang warga Cilacap Selatan.  Residivis satu ini memang sudah dikenal karena memiliki raport merah dari Kepolisian.  Diantaranya kasus curat, kemudian curas dan terbaru terjerat kasus narkotika.

“Tersangka kabur dari rutan dengan cara menggergaji teralis jendala yang sudah berkarat diatas kamar mandi. Setelah naik, tersangka loncat ke belakang dan kabur,” kata Kapolres.

Aksi nekat Tasno ini terungkap dari salah satu teman sekamarnya yang menyerahkan diri kepada polisi setelah sebelumnya sempat kabur bersamanya.

Setelah salah satu penghuni rutan kabur, dijelaskan Kapolres Cilacap, bahwa jajaran Satreskrim dan Satnarkoba langsung melakukan pengejaran. Pelaku diduga melarikan diri ke Jakarta menggunakan bus. Hasilnya kurang dari 1×24 jam pelaku berhasil ditangkap di Jakarta saat naik bis kota.

“Selanjutnya, pelaku yang merupakan tahanan Kejari Cilacap diserahkan kepada jaksa dan langsung menjalani persidangan,” imbuhnya.

Ditambahkan, atas keberhasilan menangkap tahanan Kejaksaan yang kabur, Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba mendapat penghargaan dari Kejari Cilacap. Hal ini  dinilai sekaligus menjadi bukti sinergi dari Polres Cilacap dengan jaksa untuk kriminal justis.

Sementara itu. Tasno kini sudah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Cilacap. Terdakwa ditangkap petugas kedapatan menjual paket sabu-sabu di wilayah Cilacap Selatan.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *