Tanam Casuarina equisetifolia Cegah Abrasi Pantai Kemiren

Cilacap – Hempasan gelombang pantai selatab perlahan dan terus menerus membuat abrasi pantai Kemiren Cilacap di Kecamatan Cilacap Selatan mengalami abrasi. Salah satu upaya pencegahan dan mengurangi abrasi adalah dengan menanam pohon di sekitar pantai.

“ Hari ini kita akan bersama sama menam pohon cemara laut dipantai , bapak ibu dan yang hadir disini adalah para pejuang lingkungan , dengan menanam pohon kita cegah abrasi dan perubahan iklim , menanam pohon adalah menanam kebaikan untuk masa depan “ ungkap Tatto Suwarto Pamuji , Bupati Cilacap saat memberi semangat apel persiapan sebelum menanam , Jumat (24/12) di pantai Kemiren.

Gerakan menanam pohon bersama di inisiasi oleh PT Solusi Bangun Indonesia Tbk dan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab Cilacap, para pelajar , pecinta lingkungan dan stakeholder seperti Pemerintahan Kecamatan Cilacap Selatan ,Utara , Kodim dan Polsek. Penanaman pohon Cemara Laut atau Casuarina equisetifolia di pantai Kemiren dilakukan secara serentak di area yang kosong serta pengkayaan di area yang sudah ada pohonnya.

Kami memilih pohon Cemara Laut karena kemampuannya menahan laut dari abrasi dan dapat menahan gelombang tsunami, mari kita rawat bersama setelah di tanam agar fungsinya dapat memberikan manfaat” ajak Istifaul Amin General Manager SBI pabrik Cilacap.

Pantai Kemiren membentang sepanjang kurang lebih 2-3 km saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata alam di Cilacap, keindahan pantai dan deburan ombak pantai selatai menjadi daya tarik para pengunjung. Selain keindahan pantai, lokasi ini sejuk dan teduh oleh rindangnya pohon cemara laut yang rapi berjajar rapi.

Dengan adanya penanam baru hari ini sebanyak 300 pohon cemara laut , akan menambah luasan area hijau di pantai Kemiren. Penambahan luasan tutupan vegetasi di bibir pantai selain sebagai penahan abrasi juga sebagai upaya nyata pemkan cilacap dan bumn dalam mengimplementasikan komitmen pemerintah indonesia untuk menurunkan dampak perubahan iklim 29 % sampai tahun 2030. Penambahan Populasi Cemara laut diharapkan akan menurunkan beban cemaran udara, menambah volume oksigen di udara hingga mampu mempertahankan suhu bumi kurang dari 2 derajad celcius.

Pemkab Cilacap akan terus bersinergi dengan semua pihak untuk melakukan mitigasi bencana, khusususnya mitigasi bencana jarena dampak perubahan iklim
Dari sisi lain keindahan pantai kemiren dgn tumbuhnya cemara laut akan menambah daya tarik pantai ini sebagai destinasi/ tujuan favorit wisata pantai di Cilacap “ harap Sri Murniyati ST M.si , Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Cilacap.