Tegas, Satlantas Polres Cilacap Jaring 89 Kendaraan Berkenalpot Brong

CILACAP – Guna mewujudkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, Satlantas Polres Cilacap kembali menggencarkan razia diwilayah kerjannya. Kali ini kegiatan tersebut difokuskan kepada pengendara sepeda motor yang diketahui menggunakan kenalpot brong atau tidak berstandar pabrik.

Adapun selama dua hari terakhir digelar, diketahui ada sedikitnya 89 sepeda motor terjaring razia oleh petugas.

Kepala Satlantas Polres Cilacap – AKP Ris Andrian Yudo Nugroho menegaskan, penindakan razia kendaraan ini berpatokan pada pasal 285 undang-undang 22 tahun 2009. Yakni tentang spesifikasi kendaraan bermotor.

Bahkan tidak terkecuali untuk kendaraan motor-motor besar atau moge. Pasalnya menurut Kasatlantas, semua sudah ada ketentuan dan aturannya. Mulai dari besaran kecepatan saat mengemudi maupun jenis knalpotnya.

Diantaranya seperti yang tertuang dalam peraturan menteri negara lingkungan hidup mengenai Desibel atau kebisingan. Motor berspek 80 cc sampai dengan 175 cc, ditegaskan tidak diperbolehkan melebihi 83 Desibel. Selanjutnya motor dengan spek diatas 175cc, dikenakan maksimal 80 Desibel.

Dalam prakteknya, Satlantas Polres Cilacap juga sudah memiliki alat khusus untuk mengukur Desibel atau kebisingan dari kenalpot kendaraan sepeda motor. Sehingga dipastikan para pengendara nakal tidak akan mampu berkelit jika terjaring razia.

“Jadi kalau ada yang mengelak atau tidak yakin , maka kita bisa kita cek langsung dengan alat tersebut. Kita juga tentunya memberikan tilang kepada setiap pelanggar,” tegas Kasatlantas Polres Cilacap AKP Ris Andrian Yudo Nugroho SH SIK MIK. Senin (17/01).

Kasatlantas menambahkan, upaya penindakan tegas melalui razia kendaraan berkenalpot brong ini diantaranya diakuinya juga menjadi sarana pihak kepolisian mengedukasi masyarakat dalam menghormati norma-norma sosial. Terlebih khususnya dalam mewujudkan Jateng Zero Kenalpot Brong.

“Selain razia ,kita juga melakukan edukasi serta himbauan kepada setiap penjual kenalpot racing agar lebih peka serta mendukung upaya kami ini. Yakni dari setiap pembelian kenalpot itu sendiri baiknya dapat ditelisik terlebih dahulu oleh para penjual, tentunya dari segi kenggunaannya untuk harian atau kebutuhan even tertentu,” tandasnya.


(Guruh)